IMPLEMENTASI BAURAN PROMOSI DALAM MEMBANGUN JARINGAN PASAR INTERNASIONAL

(Studi kasus Cooperative Trading House Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur)

Authors

  • Risma Azzahra Rahmania Unesa
  • Gilang Gusti Aji Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v4i2.42061

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripiskan implementasi bauran promosi Cooperative Trading House (CTH) dalam membangun jaringan pasar Internasional. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan dari proses wawancara menunjukkan bahwa melalui CTH sebagai perantara yang akan membangun jaringan pasar Internasional terbukti efektif untuk mendorong keberhasilan produk UMKM Jawa Timur di pasar Internasional. CTH membangun jaringan pasar Internasional melalui kerjasama dengan ITPC dan Atase Perdagangan. ITPC dan Atase Perdagangan sebagai pihak yang akan membantu hubungan bisnis antara Jawa Timur dengan negara tujuan ekspor. CTH juga memanfaatkan berbagai peluang untuk menemukan mitra bisnis bagi UMKM Jawa Timur salah satunya dengan mengikuti kegiatan pameran dagang Internasional dan mengadakan event Business Matching untuk mempertemukan pelaku bisnis mancanegara dengan UMKM di Jawa Timur. Pertemuan antara UMKM dengan buyer mancanegara terbatas ruang dan waktu, menyadari hal ini CTH bekerjasama dengan Diaspora untuk turut mempromosikan produk UMKM Jawa Timur di masing-masing negara tempat nya menetap. Melalui komunikasi dan hubungan yang baik maka semua kelompok jaringan secara operasional akan bekerjasama secara erat untuk mendorong keberhasilan produk lokal Jawa Timur di pasar Internasional. Kata Kunci: Bauran promosi, CTH, Jaringan Pasar Internasional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-21

How to Cite

Rahmania, R. A., & Aji, G. G. (2021). IMPLEMENTASI BAURAN PROMOSI DALAM MEMBANGUN JARINGAN PASAR INTERNASIONAL: (Studi kasus Cooperative Trading House Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur). The Commercium, 4(2), 211–223. https://doi.org/10.26740/tc.v4i2.42061

Issue

Section

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 143 , PDF Downloads: 257