CYBER PUBLIC RELATIONS PADA APLIKASI PENGADUAN WARGAKU DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KOTA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v6i3.51999Kata Kunci:
Aplikasi Wargaku, Cyber Public Relation, Pelayanan Pengaduan Publik.Abstrak
Era digitalisasi menuntut Pemerintah Kota Surabaya berupaya dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik. Upaya tersebut ditunjukkan dengan merilisnya Aplikasi Wargaku yang melayani segala permasalahan dan aspirasi publik. Pemanfaatan teknologi pada Aplikasi Wargaku menjadi elemen dari pendekatan cyber public relations. Memiliki klaim kecepatan respon 1x24 jam aplikasi ini mendapatkan respon partisipasi masyarakat yang tinggi. Meski dinilai sukses, berdasarkan survei kepuasan masyarakat masih ada beberapa hal yang perlu dicermati kembali di antaranya, responsifitas, subtansi, tampilan, kemudahan dan gangguan pada aplikasi. Selain itu faktor eksternal seperti sosialisasi dan paradoks pilihan media yang memiliki peran hampir sama juga membingungkan masyarakat. Tujuan dari penelitian mendeskripsikan cyber public relation pada aplikasi pengaduan Wargaku dalam pelayanan publik di Kota Surabaya. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi. Selanjutnya, dianalisis menggunakan model analisis data interaktif. Hasil yang diperoleh dari yakni penerapan cyber public relations telah tercermin pada Aplikasi Wargaku sebagai upaya penyediaan pelayanan publik yang baik. Namun pada aspek transformasi pesan dan keterjangkauan masih perlu ditingkatkan.
Unduhan
Referensi
Anggini, T dan Rachmawati, R. 2016. Pemanfaatan Media Center dalam Pelayanan Publik Sebagai upaya Mewujudkan Surabaya Smart City. Jurnal Bumi Indonesia. 5 (1): 2-10.
Gassing, S. dan Suryanto. 2016. Public Relations. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Hidayati, R., Suwanda, I. M. 2022. Upaya Pemerintah Kota Surabaya Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Melalui Media Center Surabaya Sebagai Wujud Good Governance. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 10 (4): 824-841.
Kurniawan, D. 2022. Pemkot Surabaya Banyak Program Aplikasi, Warga Mumet?.
https://surabaya.liputan6.com/read/4897234/pemkot-surabaya-banyak-program-aplikasi-warga-mumet. diakses pada tanggal 10 Agustus 2022.
Media Center. 2020. Analisa Kepuasan Masyarakat terhadap Program Pelayanan Pengaduan Media Center Tahun 2019.
https://mediacenter.surabaya.go.id/web/content/267451?unique=f076368e8b465a653c22db9f8477485ac3f19e42. diakses pada tanggal 20 September 2022.
Media Center. 2022. Laporan Analisa Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan Pengaduan Melalui Aplikasi Wargaku Tahun 2021.
https://mediacenter.surabaya.go.id/web/content/267343?unique=990a0fce4f64377d445d47bd630b78aa65f0a734. diakses pada tanggal 20 September 2022.
Peraturan Walikota Surabaya No. 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.
Phillips, D., dan Young, P. 2009. Online Public Relations A practical guide to developing an online strategy in the world of social media, Second Edition. London: Kogan Page Publishers.
Primarni, A. 2015. Reposisi Peran dan Fungsi Strategis Public Relations dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Lentera Komunikasi 1 (1): 1-20.
Ruslan, R. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rohayatin, T. 2017. Faktor Penyebab Belum Optimalnya Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Birokrasi Pemerintahan. Jurnal Caraka Prabu. 1 (1): 22-36.
Trisnani. 2018. Implementasi E Government Public Relations Sebagai Peningkatan Pelayanan Informasi Publik, Dilingkungan Pemerintah Daerah Di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika. 7(3): 165-175.
Waranandini, P. 2018. Program E-Wadul (Wadah Usulan Dan Keluhan) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Tentang Responsivitas Dan Transparansi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya). Skripsi. Universitas Airlangga.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 277
,
PDF Downloads: 299