PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KACAMATA_TULUNGAGUNG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI (SURVEI PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @KACAMATA_TULUNGAGUNG)

  • Fika Febriana Universitas Negeri Surabaya
  • Gilang Gusti Aji Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Pengaruh, Media Sosial, Kebutuhan Informasi

Abstrak

Adanya perkembangan zaman dan teknologi menyebabkan terjadinya perubahan pada cara manusia berkomunikasi. Jika dahulu audiens menggunakan media massa konvensional seperti koran, radio, dan televisi, kini mulai mengalami pergeseran dengan memanfaatkan piranti digital berbasis internet untuk memperoleh informasi. Media berbasis digital beragam bentuknya, salah satunya adalah media sosial Instagram, yang kini mulai dimanfaatkan sebagai media penyebaran informasi. Di wilayah rural seperti kabupaten, peran media sosial Instagram lokal sangat dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan media sosial @Kacamata_Tulungagung terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followersnya. Sebagaimana penelitian kuantitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan serangkaian teknik analisis uji pengaruh dan hubungan. Hasilnya, penggunaan media sosial Instagram @Kacamata_Tulungagung berpengaruh signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers.

Referensi

Aini, Y.N., dkk. (2023). Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @Sehatsurabayaku Sebagai Media Informasi Vaksinasi Covid-19 Masyarakat Kota Surabaya.
Astuti. (2008). Kebutuhan dan Perilaku Pencarian Informasi : Studi Kasus Mahasiswa PDPT FIB UI 2007 dengan Metode Problem-Based Learning (PBL).
Desthania, F. (2022). Efektivitas Konten dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram @Balikpapanku Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers di Balikpapan.
McKenzie, B.S. (2006). Organizational Citizenship. Behavior. USA: Sage Publications.
Nasrullah, R. (2021). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Putri, N. N. Dan Zulfebriges. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Bandung Conference Series: Communication Management. 2(2).
Straubhaar, J. (2008). Media Now: Understanding Media, Culture, and Technology. Boston: Cengage Learning.
Shore, Larry. (1985). Mass Media For Development A Rexamination Of Access Exposure and Impact, Communication The Rural Third World. New York: Preagur.
Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta CV.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta CV.
Taprial, V. & Priya Kanwar. (2012). Understanding Social Media. Ventus Publishing.
Yusup, P. M., dan Priyo Subekti. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi. Jakarta: Kencana.

SUMBER LAIN
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2021). Pengguna Internet di Indonesia. Diakses dari https://babel.antaranews.com/berita/280053/survei-pengguna-internet-indonesia-naik-dari-tahun-ke-tahun.
Badan Pusat Statistik DKI Jakarta. (2019). Pengguna Perangkat TIK dan Internet di DKI Jakarta. Diakses dari https://statistik.jakarta.go.id/penggunaan-perangkat-tik-dan-internet-di-dki-jakarta/.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Tulungagung. (2018). Persentase Anggota Rumah Tangga Berusia 5 Tahun ke Atas menurut Karakteristik dan Penggunaan Teknologi Informasi selama Tiga Bulan Terakhir. Diakses dari https://tulungagungkab.bps.go.id/statictable/2019/10/11/5037/persentase-anggota-rumah-tangga-berusia-5-tahun-ke-atas-menurut-karakteristik-dan-penggunaan-teknologi-informasi-selama-tiga-bulan-terakhir-2018.html.
Hootsuite. (2021). Digital News Report Indonesia.
Hootsuite. (2022). Digital News Report Indonesia.
Kementerian Komunikasi, dan Informatika Republik Indonesia. (2017). Penggunaan TIK Serta Implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat.
Nielsen.com. (2019). Konsumen Digital Menunjukkan Pertumbuhan Tren Positif. Diakses dari https://www.nielsen.com/id/news-center/2020/konsumen-digital-menunjukkan-pertumbuhan-tren-positif.
Diterbitkan
2023-07-02
Bagian
artikel
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 68