Array

Authors

  • Ilham Ramadhan Rahardjo Universitas Negeri Surabaya
  • Anam Miftakhul Huda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.55162

Keywords:

Strategi Branding, Wisata, Moroseneng

Abstract

Prostitusi merupakan salah satu permasalahan sosial yang berada di Kota Surabaya, Pemerintahan Kota Surabaya telah melakukan berbagai upaya dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satunya melalui strategi branding di kawasan lokalisasi moroseneng, lokalisasi ini telah resmi ditutup dan diubah menjadi salah satu objek kampung wisata, sehingga diharapkan dapat merubah citra yang lebih positif pada kawasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi branding pada eks lokalisasi moroseneng surabaya yang telah menjadi kampung wisata anggrek sememi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan (1) Pemerintahan Kota Surabaya telah melakukan strategi branding sesuai dengan empat tahapan antara lain: brand positioning; sebagai kampung wisata edukasi, brand identity; perubahan identitas dari kawasan prostitusi moroseneng menjadi kampung wisata anggrek sememi, brand personality; melalui pemberdayaan masyarakat dalam bidang perekonomian dan edukasi, dan brand communication; promosi melalui social media, event dan artikel media massa (2) Terdapat hambatan-hambatan dalam strategi branding yang dilakukan di kampung anggrek sememi yaitu perubahan pola pikir masyarakat, fasilitas yang belum memadai, serta dampak pandemi covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. (2014). 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand . Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

BPS Kota Surabaya. (2021) .Proyeksi Penduduk Kota Surabaya (Jiwa), 2018 2020. Online. 18 Oktober 2022. https://surabayakota.bps.go.id

Detiknews. (2014). Nasib 4 Lokalisasi ketika Surabaya Ditangan Wali Kota Risma. Online. 30 Oktober 2022. https://news.detik.com

Dwijulianto, A., & DEWI, P. A. R. (2019). Manajemen Komunikasi Pariwisata The Spirit Of Majapahit di Kabupaten Mojokerto. Commercium, 2(1).

Ginanjar, A. (2018). Dampak pasca penutupan lokalisasi prostitusi pada pekerja seks komersial dalam perspektif rational choice theory. Berita Kedokteran Masyarakat, 34(11), 14-1.

Hermawan, H. (2016). Dampak pengembangan Desa Wisata Nglanggeran terhadap ekonomi masyarakat lokal. Jurnal Pariwisata, 3(2), 105-117

Maimanah, U. (2018). STRATEGI PEMERINTAH KOTA SURABAYA DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT PASCA PENUTUPAN LOKALISASI (Studi Kasus pada Masyarakat di Jalan Tambak Asri Kelurahan Morokrembangan Kecamatan Krembangan Kota Surabaya). Publika, 6(2).

Mulyadi, S., Basuki, A. H., & Prabowo, H. (2019). Metode penelitian kualitatif dan mixed method: perspektif yang terbaru untuk ilmu-ilmu sosial, kemanusiaan, dan budaya.

Ni'mah, C. (2014). KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN KLAKAHREJO RW 02 KECAMATAN BENOWO SURABAYA PASCA PENUTUPAN LOKALISASI MOROSENENG (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Pratama, R. A. (2021). Revitalisasi Kawasan Kampung Anggrek Eks Lokalisasi Sememi Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Purnomo, A., & Ahmad Muhibbin, M. (2018). Pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pariwisata di kabupaten karanganyar (studi analisis deskriptif kualitatif pada akun instagram@ explorekabkaranganyar) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Schultz, Don. E and Barnes, Beth E. (1999). Strategic Brand Communication Campaigns. Lincolnwood, IL : NTC Business Books.

Sitepu, A. (2004). Dampak lokalisasi prostitusi terhadap perilaku remaja di sekitarnya. Jurnal Pemberdayaan Komunitas, 3(3), 172-176.

Sugiarto, E. (2017). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis: Suaka Media. Diandra Kreatif.

Tirto.id. (2016). Gang Dolly Kini dan Prostitusi yang Tersembunyi. Online. 7 Januari 2023. https://tirto.id/

Wilantari, N. N. A. (2018). Komunikasi Massa dalam Manajemen Pariwisata. Dharma Duta, 16(1).

Yuanasari, I. E., Febrianita, R., Pujiastutik, M. T., & Putri, N. E. (2022). PELATIHAN BUDIDAYA ANGGREK: UPAYA PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA DI SEMEMI. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 102-106

Yustikasari, C. A., & Kadarisman, A. (2020). Perancangan Brand Identity Obyek Wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan. eProceedings of Art & Design, 7(2).

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Rahardjo, I. R., & Huda, A. M. (2023). Array . The Commercium, 7(1), 112–122. https://doi.org/10.26740/tc.v7i1.55162
Abstract views: 138 , PDF Downloads: 158