STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF OLEH KOMUNITAS PEMUDA BERKAIN SURABAYA DALAM MELESTARIKAN KAIN TRADISIONAL

  • Nur Fadhilah Rachmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Gilang Gusti Aji Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Strategi komunikasi persuasif, Kain tradisional, Komunitas

Abstrak

Perkembangan teknologi memberikan kemudahan untuk menemui ketertarikan yang baru dan membuat perhatian masyarakat mudah teralihkan. Hal ini pun berimbas pada pengabaian masyarakat muda terhadap warisan budaya lokal Indonesia, salah satunya kain tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan dan strategi yang dilakukan oleh komunitas Pemuda Berkain Surabaya dalam melestarikan kain tradisional Indonesia di kalangan muda. Sebagai penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan paradigma konstruktivis, dengan teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tujuan Pemuda Berkain Surabaya melakukan pelestarian kain tradisional adalah untuk meningkatkan pengetahuan kalangan muda tentang kain tradisional dengan merelevansikan kain tradisional dengan gaya hidup kalangan muda.

Referensi

Adikara, B . (2021). Anna Mariana Bicara tentang Pentingnya Hari Tenun Nasional. Retrieved from https://www.jawapos.com/lifestyle /26/10/2021/annamariana-bicara-tentang-pentingnya-hari-tenun-nasional/
Andan & Surajaya (Ed.). (2013). Imajinasi Kebudayaan : Kompilasi Pidato Kebudayaan DKJ 1998-2013. Jakarta : Perhimpunan Koalisi Seni
Creswell, John. (2003). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition. London: SAGE Publications
Denpost.id. (2021). Perajin Beralih Profesi, Kain Cagcag Terancam Punah. Retrieved from Denpasar Post : https://www.denpost.id/news/2021/08/ 13/592798/perajin-beralihprofesi-kain-cagcag-terancam-punah.html
Herawati, N. (2010). Pesona Batik. Jakarta: Intan Pariwara.
Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Newman, W. Laurence. (2003). Social Research Methods (5th edition. USA : Pearson Education Inc.
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan via Social Media. Elex Media Komputindo.
Rohidi, T. R. (2000). Kesenian Dalam Pendekatan Kebudayaan. Bandung : STISI Press
Soemirat, Soleh, dkk. (2018). Komunikasi Persuasif, Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabet.
Trismaya, N. (2020). Menafsir Ulang Pemakaian Sneakers Berkain-Kebaya. JSRW (Jurnal Seni rupa Warna), 8(2), 187-197.
Wesnina. (2020). “Perspektif Generasi Muda Suku Karo Terhadap Kain Tradisional Suku Karo: Sebuah Analisis” Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Zhao, L., Lu, Y., Wang, B., Chau, P. Y., & Zhang, L. (2012). Cultivating the Sense of Belonging and Motivating User Participation in Virtual Communities: A Social Capital Perspective. International Journal of Information Management, 32(6), 574-588.
Diterbitkan
2023-07-20
Bagian
artikel
Abstract Views: 187
PDF Downloads: 241