ANALISIS RESEPSI GENERASI Z TERHADAP KONTEN BERBAGI PADA AKUN TIKTOK @IBEN_MA

Authors

  • Rachmad Alfian Dwi Mahardika Universitas Negeri Surabaya
  • Gilang Gusti Aji Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.56328

Keywords:

analisis resepsi, generasi z, media sosial, konten berbagi, kedermawanan.

Abstract

Konten berbagi menjadi salah satu konten yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jenis konten ini memunculkan pro dan kontra bagi masyarakat karena perbedaan pemahaman mengenai kebaikan yang dijadikan konten media sosial. Konten berbagi milik Iben dalam akun TikTok @iben_ma mempunyai cara yang cukup berbeda untuk berbagi. Dalam kontennya, ia memberikan sejumlah uang kepada orang-orang disekitarnya yang berhasil menyelesaikan tantangan yang ia berikan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerimaan pesan kelompok generasi Z terhadap konten berbagi pada akun TikTok @iben_ma. Di samping itu, bagaimana informan memahami kedermawanan juga menjadi bahasan dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis resepsi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian yang telah dilakukan kepada enam informan menghasilkan satu kategori penerimaan, yakni negosiasi. Seluruh informan menyetujui bahwa konten berbagi milik Iben adalah sebuah kebaikan. Mengenai kedermawanan, seluruh informan lebih memilih untuk tidak menunjukkan aktivitas berbaginya. Namun di sisi lain, para informan juga memberikan catatan terhadap beberapa aspek berdasarkan pemahaman yang mereka miliki. Misalnya seperti pemilihan orang yang dibantu, pengemasan konten, dan preferensi konten berbagi.  Persamaan penerimaan para informan yang merupakan kelompok generasi Z menunjukkan kemiripan karakteristik pemikiran dan sikap terhadap suatu isu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Dwi Mahardika, R. A., & Aji, G. G. (2023). ANALISIS RESEPSI GENERASI Z TERHADAP KONTEN BERBAGI PADA AKUN TIKTOK @IBEN_MA. The Commercium, 7(2), 162–168. https://doi.org/10.26740/tc.v7i2.56328
Abstract views: 727 , PDF Downloads: 937