PENGARUH PESAN PSYCHOLOGICAL PRICING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK FASHION WANITA DALAM E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Rama Febryanta Arjana Universitas Negeri Surabaya
  • Fitri Norhabiba Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.58914

Keywords:

Harga Psikologis, Keputusan Pembelian, Komunikasi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana pengaruh pesan psychological pricing terhadap keputusan pembelian konsumen produk fashion wanita dalam e-commerce Shopee. Sampel penelitian merupakan warga  Kota Surabaya yang berusia 17-25 tahun dan pernah melakukan pembelian produk fashion pada aplikasi belanja online Shopee dalam 3-4 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan untuk pengumpulan data penelitian menggunakan metode penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada responden yang sesuai dengan kriteria penelitian secara online. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni analisis regresi linear sederhana dengan uji f (simultan). Hasil penelitian menunjukkan data bahwa pesan psychological pricing memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita sebesar 0,446 atau bisa juga berarti 44,6%, yang jika dibulatkan menjadi 45%. Berdasarkan hasil analisis data juga dapat disimpulkan bahwa pesan psychological pricing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita dalam e-commerce Shopee. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi sumber literatur dan referensi terkait strategi komunikasi pemasaran oleh mahasiswa, instansi, maupun masyarakat umum.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Arjana, R. F., & Norhabiba, F. (2024). PENGARUH PESAN PSYCHOLOGICAL PRICING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK FASHION WANITA DALAM E-COMMERCE SHOPEE. The Commercium, 8(1), 77–86. https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.58914
Abstract views: 225 , PDF Downloads: 423