PENGARUH PESAN PSYCHOLOGICAL PRICING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK FASHION WANITA DALAM E-COMMERCE SHOPEE

  • Rama Febryanta Arjana Universitas Negeri Surabaya
  • Fitri Norhabiba Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Harga Psikologis, Keputusan Pembelian, Komunikasi Pemasaran

Abstract

This research aims to finds put how psychological pricing messages influence consumer purchasing decisions for women’s fashion products on Shopee. The Research sample was residents of the city of Surabaya who were aged 17-25 years old and had purchased fashion products on the Shopee in the last 3-4 months. This research uses quantitatives approach and to collect data using the method of distributing questionnares which are distributed to respondents who comply with the research criteria. The data analysis technique used  in this research is simple linear regression analysis with the f test (simultaneous). The research results show data that psychological pricing messages have an influence on purchasing decisions for women’s fashion products by 0,446 or 44,6%, which if rounded up becomes 45%. Based on the results of data analysis, it can be also concluded that psychological pricing messages have a significant influence on purchasing decisions for women’s fashion products  in Shopee. It’s also hoped that this research can become a source of literature and reference related to marketing communication strategies by students, institutions and the general public.

References

Sartika. (2022). Analisis Framework S-O-R Mengenai Online Shopping Value dan Web Satisfaction Terhadap Intention. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Marlina. (2022). Buku Ajar Ilmu Komunikasi. Bandung: Feniks Muda Sejahtera.

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.

Tiwow, K., Tumbuan, W. J., & Wangke, S. J. (2022). THE IMPACT OF PSYCHOLOGICAL PRICING ON CONSUMER PURCHASE DECISION AT HYPERMART MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 1166-1171.

Sain, A., Niha, S. S., & Amaral, M. A. L. (2023). Pengaruh Harga Psikologis, Desain Produk, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Perempuan pada Merek Pencuci Piring. Jurnal Inada: Kajian Perempuan Indonesia di Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar, 6(1), 1-13.

Marlius, D. (2017). Keputusan pembelian berdasarkan faktor psikologis dan bauran pemasaran pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal pundi, 1(1).

Hillen, J. (2021). Psychological pricing in online food retail. British Food Journal, 123(11), 3522-3535.

Lumowa, P. W., Pangemanan, S. S., & Rumokoy, F. S. (2018). ANALYZING FACTORS THAT DRIVE PSYCHOLOGICAL PRICING AT PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE MEGA MALL MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Tranggono, D., Putri, A. N., & Juwito, J. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Nacific di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific pada Followers Akun@ nacificofficial. id. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 141-155.

Ardayanti, E., Arindawati, W. A., & Oxygentri, O. (2022). Pengaruh Postingan Iklan Billboard Erigo Di Times Square New York Pada Instagram@ Erigostore Terhadap Brand Awareness (Analisis Regresi Linier Sederhana Pada Followers Instagram@ Erigostore). Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. (2022). Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 663-674.

Putri, K. (2016). Pengaruh Pesan Majalah “Wedding Avenue” Vol 8 Terhadap Keputusan Pembelian Kebutuhan Pesta Calon Pengantin (Studi Pada Pelanggan Event Organizer Mahkota Enterprise) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Yeremia Immanuel, H. (2020). Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran “KICKOFF” Brand Lokal Male.id Pada Sosial Media Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen. (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta).

Darmastuti, K. (2014). Pengaruh Iklan Dalam Sosial Media Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen (Survey pada Followers @ChaChaMilkTea di Yogyakarta). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Rahman, T. (2019). Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Caffe Go-Kopi di Kota Malang). (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ardiyanti, Y., Apriliani, R. A. E. P., Efendi, B., & Nurhayati, E. C. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(2), 100-108.

Ridwan, M. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada di Medan)” (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Notoatmodjo, S (2010). Metodelogi penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Tjiptodjojo, K. I. (2012). Odd Price: Harga, Psikologi dan Perilaku Konsumen dalam Purchase Decision Making. Jurnal Manajemen Maranatha, 11(2).

Yuliara, I. M. (2016). Regresi linier sederhana. Regresi Linier Sederhana, 13. Denpasar: Universitas Udayana.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Susan, G (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGrawHill Companies

Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59-75.

Novianto, W., & Zebua, A. M. (2021). Factors Influencing Decisions to Purchase Counterfeit Fashion Products: Brand Image, Price and Lifestyle (Literature Review Customer Behavior). Journal of Law, Politic and Humanities, 1(4), 154-163.

Shopify.com (2021, 16 November). Psychological Pricing: What Your Price Really Say to Customers. Diakses pada tanggal 09 Maret 2023, dari https://www.shopify.com/id/blog/psychological-pricing
Sosiakita.com. (2022, 12 Juli). Lakukan Strategi Charm Pricing Agar Jualanmu Laku Keras. Diakses pada tanggal 09 Maret 2023, dari https://sosiakita.com/lakukan-strategi-charm-pricing-agar-jualanmu-laku-keras/

Liputan6.com (2021, 10 November). Macam-Macam Metode Penelitian Kuantitatif dan Penjelasannya. Diakses pada tanggal 12 Maret 2023, dari https://www.liputan6.com/hot/read/4706956/7-macam-macam-metode-penelitian-kuantitatif-dan-penjelasannya

Ginee.com (2021, 19 Oktober). Sejarah Shopee di Indonesia: Marketplace Sukses di Tanah Air. Diakses pada tanggal 24 Desember 2023, dari https://ginee.com/id/insights/sejarah-shopee-indonesia/

Selular.id (2018, 26 Juni). 5 Kota ini Paling Banyak Jumlah Pembelanja Online. Diakses pada tanggal 27 Maret 2023, dari https://selular.id/2018/06/5-kota-ini-paling-banyak-jumlah-pembelanja-online/

Cnnindonesia.com (2018, 19 April). Alasan Generasi Milenial Lebih Konsumtif. Diakses pada tanggal 27 Maret 2023, dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180418215055-282-291845/alasan-generasi-milenial-lebih-konsumtif

Cnbcindonesia.com (2022, 15 Januari). Tiga Kota ini Alami Kenaikan Tren Belanja Daring. Diakses pada tanggal 09 April 2023, dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220117110524-37-307870/tiga-kota-ini-alami-peningkatan-tren-belanja-daring

Industry.co.id (2017, 21 Agustus). Surabaya Jadi Kota E-commerce di Indonesia. Diakses pada tanggal 09 April 2023, dari https://www.industry.co.id/read/14544/surabaya-jadi-kota-e-commerce-di-indonesia

Databoks.katadata.co.id (2022, 28 Juli). 10 Wilayah Konsumen Terbesar di RI, Jakarta Timur Juara. Diakses pada tanggal 09 April 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/28/10-wilayah-konsumen-terbesar-di-ri-jakarta-timur-juara

Pakarkomunikasi.com (2017, 12 Juli). Teori S-O-R (Teori Stimulus Organism Respons). Diakses pada tanggal 02 Mei 2023, dari https://pakarkomunikasi.com/teori-sor

Lifestyle.sindonews.com (2022, 23 Februari). 5 Kota yang Paling Banyak Belanja Online. diakses pada tanggal 06 Agustus 2023, dari https://lifestyle.sindonews.com/read/694283/166/5-kota-yang-paling-banyak-belanja-online-jakarta-posisi-berapa-1645592567
Published
2024-02-29
How to Cite
Arjana, R., & Norhabiba, F. (2024). PENGARUH PESAN PSYCHOLOGICAL PRICING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK FASHION WANITA DALAM E-COMMERCE SHOPEE. The Commercium, 8(01), 77-86. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/58914
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 54