PENGARUH PESAN PSYCHOLOGICAL PRICING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK FASHION WANITA DALAM E-COMMERCE SHOPEE

Penulis

  • Rama Febryanta Arjana Universitas Negeri Surabaya
  • Fitri Norhabiba Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.58914

Kata Kunci:

Harga Psikologis, Keputusan Pembelian, Komunikasi Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana pengaruh pesan psychological pricing terhadap keputusan pembelian konsumen produk fashion wanita dalam e-commerce Shopee. Sampel penelitian merupakan warga  Kota Surabaya yang berusia 17-25 tahun dan pernah melakukan pembelian produk fashion pada aplikasi belanja online Shopee dalam 3-4 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan untuk pengumpulan data penelitian menggunakan metode penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada responden yang sesuai dengan kriteria penelitian secara online. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni analisis regresi linear sederhana dengan uji f (simultan). Hasil penelitian menunjukkan data bahwa pesan psychological pricing memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita sebesar 0,446 atau bisa juga berarti 44,6%, yang jika dibulatkan menjadi 45%. Berdasarkan hasil analisis data juga dapat disimpulkan bahwa pesan psychological pricing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion wanita dalam e-commerce Shopee. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi sumber literatur dan referensi terkait strategi komunikasi pemasaran oleh mahasiswa, instansi, maupun masyarakat umum.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Arjana, R. F., & Norhabiba, F. (2024). PENGARUH PESAN PSYCHOLOGICAL PRICING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK FASHION WANITA DALAM E-COMMERCE SHOPEE. The Commercium, 8(1), 77–86. https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.58914

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 226 , PDF Downloads: 423