PENGARUH KONTEN REVIEW DI TIKTOK SEBAGAI E-WOM TERHADAP PERILAKU IMPUSIVE BUYING PRODUK BASRENG
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65623Keywords:
e-WOM, TikTok, Konten Review , Impulsive Buying, Basreng.Abstract
Seiring berjalannya zaman, media sosial berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Adanya media sosial dapat dengan mudah mengakses informasi yang cukup banyak. Platform Tiktok menjadi salah satu media sosial yang popular sebagai sarana berbagi informasi, termasuk dalam bentuk review produk, yang dapat mempengaruhi pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) pada konten review di Tiktok terhadap perilaku Impulsive Buying pada produk basreng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 400 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok dan memiliki pengalaman dalam membeli produk basreng. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh variabel konten review sebagai e-WOM terhadap perilaku impulsive buying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten review di TikTok memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku impulsive buying produk basreng. Semakin positif dan menarik konten review yang disajikan, semakin besar kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian impulsif.
Downloads
References
Ashari, N. (2023). Pengaruh Content Review dan Affiliate Marketing Produk Marektplace terhadap Impulse Buying Melalui Variabel Mediasi Kepercayaan (Studi Kasus: Pengguna Applikasi Shopee di Kota Pekalongan) (Doctoral dissertation, UIN. KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).
AULIA, A. N. (2023). Pengaruh Ulasan Food Vlogger di YouTube sebagai Electronic Word of Mouth terhadap Sikap Konsumen, Citra Merek, dan Niat Membeli Produk Makanan (Studi pada Penonton Channel YouTube Tanboy Kun) (Doctoral dissertation, Universitas Jenderal Soedirman).
Briliana, V., Ruswidiono, W., & Deitiana, T. (2020). Do Millennials believe in food vlogger reviews? A study of food vlogs as a source of information. Briliana, V, 170-178.
Desweriel, R. S. Efektivitas E-WOM pada Media Sosial TikTok dan Kualitas Produk terhadap Citra Merek serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Uniqlo di Jakarta.
Eka Ananda Putri, N. (2021). Analisa Jurnalisme Online Pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Trend Jurnalisme Online Dalam Akun Tiktok@ Tribunnews) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: what motivates consumers to articulate themselves on the internet?. Journal of interactive marketing, 18(1), 38-52.
Huda, M. (2022). Pengaruh Content Marketing Of Tiktok Dan E-Wom Terhadap Brand Awareness Dan Minat Beli Produk Umkm Sektor Kuliner Di Kabupaten Pasuruan. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 6(2), 261-27
Humaira, F. R. (2022, 07 14). Pemanfaatan Internet untuk Pelaku Usaha Digital.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Harlow : Pearson Education Limited
Lévy, P. (1997). Collective intelligence: For an anthropology of cyberspace (R. Bononno, Trans.). Plenum Press.
Marliya, R. D. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Online “Grosir Kosmetik Karangjati (Doctoral dissertation, Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW).
McQuail, Denis, penerjemah: Izzati, Putri Iva. TeoriKomunikasi Massa (Buku I edisi 6). Jakarta: Salemba Humanika.
Mondry. 2008. Teori dan praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Muâ, H., & Komaladewi, R. (2019). Analisis komparatif online customer review dan survey customer review marketing mix. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 15(3), 138-148.
Pentina, I., Bailey, A. A., & Zhang, L. (2018). Exploring effects of source similarity, message valence, and receiver regulatory focus on yelp review persuasiveness and purchase intentions. Journal of Marketing Communications, 24(2), 125-145.
Pinky, A. (2022). Pengaruh Review Dan Affiliate Marketing Produk Marketplace Terhadap Impulse Buying Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Prabawa, I. S. A. (2022). PENGARUH ULASAN FOOD VLOGGER DI YOUTUBE UNTUK NIAT KEPUTUSAN PEMBELIAN (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA).
PRATAMA, S. D. PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, HARGA, DAN AFFILIATE MARKETING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN FASHION PADA PENGGUNA TIKTOK DI BANYUMAS.
Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA.
Widawati, L. (2011). Analisis perilaku “impulse buying” dan “locus of control” pada konsumen di carrefour Bandung. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 27(2), 125-132.
Website :
Qonitah, H. (2023, April 18). Baca Dulu Sebelum Membeli, 5 Basreng Viral di Tiktok yang Pedasnya Benar-Benar Mantap! - Situbondo Network - Halaman 3. Situbondo Network. dari https://situbondo.jatimnetwork.com/nasional/7488508307/baca-dulu-sebelum-membeli-5-basreng-viral-di-tiktok-yang-pedasnya-benar-benar-mantap?page=3
Indonesia, Negara Paling Suka Ngemil. (n.d.). Retrieved January 7, 2025, dari https://amp.guesehat.com/indonesia-negara-paling-suka-ngemil
Annur, C. M. (2023, November 23). Indonesia Punya Pengguna TikTok Terbanyak ke-2 di Dunia. Databoks. Dari https://databoks.katadata.co.id/teknologitelekomunikasi/statistik/e648305dcaf6b0f/indonesia-punya-pengguna-tiktok-terbanyak-ke-2-di-dunia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

