EFEKTIVITAS KOMUNIKASI NON-VERBAL DI INSTAGRAM @OFFICIAL_UNESA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA TUNARUNGU DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.67078Kata Kunci:
Kata kunci: efektivitas komunikasi non-verbal, instagram, mahasiswa tunarungu.Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa efektif komunikasi non-verbal dalam instagram @official_unesa untuk meningkatkan pemahaman akademik mahasiswa tunarungu di Universitas Negeri Surabaya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif yang merupakan penelitian yang menggambarkan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai hubungan antar fenomena yang ingin diselidiki. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa tunarungu di Universitas Negeri Surabaya. Survey dilakukan dengan membagikan Google form kepada mahasiswa tunarungu Universitas Negeri Surabaya melalui chat Whatsapp dan Instagram. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa komunikasi non-verbal dalam instagram @official_unesa efektif secara signifikan terhadap tingkat pemahaman informasi akademik mahasiswa tunarungu Universitas Negeri Surabaya dengan korelasi sebesar 11,4% dan sisanya 88,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Sesuai dengan hipotesis yang sudah dibuat peneliti sebelumnya, komunikasi non-verbal di instagram efektif secara signifikan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa tunarungu di Universitas Negeri Surabaya
Unduhan
Referensi
Alyusi, S.D (2016). Media sosial : Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Indonesia: Kencana Prenada Media.
Darma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). (n.d.). (n.p.): Guepedia.
Elvera & Astarina, Y. (2021). Metodologi Penelitian. (n.p.): Penerbit Andi.
Hildawati, H., Suhirman, L., Prisuna, B. F., Husnita, L., Mardikawati, B., Isnaini, S., ... & Saktisyahputra, S. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif & Aplikasi Pengolahan Analisa Data Statistik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hotmaulina. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. (n.p): UKI Press
Nanda, Y. R. (2019)Efektivitas komunikasi penerjemah bahasa isyarat dalam berita TVONE terhadap siswa penyandang Tunarungu di SMALB dan SMPLB tahun 2018 di SLB-B Negeri Pembina kota Palembang.
Nasrullah, R. (2019). Teori dan Riset Khalayak Media. (n.p.): Prenada Media.
Nawari. (2010). Analisis regresi . (n.d).(n.p): Elex Media Komputindo.
Nazir (2011). Metode penelitian. Ghalia Indonesia.
Nurhayati,H (2024), Social media in Indonesia-Statistic&fact, Statistic.com, https://www.statista.com/topics/8306/social-media-in-indonesia/.
Petrosyan, A (2025), Number of internet and social media users worldwide as of february 2025, Statictic.com, https://www.statista.com/statistics/617136/digital-population-worldwide/.
Puspitasari, D., & Danaya, B. P. (2022). Pentingnya peranan komunikasi dalam organisasi: lisan, non verbal, dan tertulis (literature review manajemen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 257-268.
Rakista, P.M. & dkk. (2024). Pengantar Ilmu Komunikasi. (n.p.): CV. Intelektual Manifes Media.
Roflin, E., Rohana., & Freza, R. (2022). Statistika Dasar. (n.p.): Penerbit NEM.
Siyoto, S & Sodik, M.A. (2015). Dasar metodologi penelitian. (n.p.): Literasi Media Publishing.
STATISTIKA DASAR. (2023). (n.p.): Penerbit Widina.
Sudrajat, Y. D., & Wirawanda, Y. (2020). Komunikasi Non Verbal Melalui Pakaian (Studi Deskriptif Kualitatif pada Cara Berpakaian Gay di Kota Solo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Theglobalstatistic.com (2024). Indonesia social media statistic. Diakses pada 15 Oktober 2024, dari https://www.theglobalstatistics.com/indonesia-social-media-statistics/
Ulfah, N. (2023). Pendidikan Comprehensive untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Nasionalisme. (n.p.): CV. Bintang Semesta Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

