Logika Desain Pesan Promosi dalam Konten Digital Marketing pada Akun TikTok @rama_property.id

Authors

  • Maudy Veny Aulia Arifin Universitas Negeri Surabaya
  • Danang Tandyonomanu Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71589

Keywords:

Pesan Promosi, Konten Tiktok, Desain Logika Pesan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa setiap orang memiliki beragam cara berpikir atau logika desain terkait dengan komunikasi, termasuk di dalamnya penyampaian pesan-pesan secara digital, salah satunya melalui melalui media sosial Tiktok. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis logika desain pesan promosi dalam konten digital marketing pada akun TikTok @rama_property.id dan dikaji dengan teori message design logic oleh Barbara O’keefe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Penyampaian pesan-pesan promosi oleh akun Tiktok Rama Property di analisis menggunakan teori desain logika pesan menunjukkan temuan logika ekspresif, logika konvensional dan logika retoris. Temuan logika ekspresif berupa penggunaan dialek arekan dan mataraman wetan. Dalam logika konvensional, peneliti menemukan temuan berupa Rama yang mendeskripsikan sudut rumah dengan fakta dan sebagaimana mestinya. Dalam logika retoris, Rama menggunakan kalimat-kalimat persuasif untuk mendeskripsikan sudut-sudut rumah dan juga menggunakan istilah-istilah tertentu. Penggunaan dialek arekan dan mataraman wetan sebagai representasi dari logika pesan yang disampaikan Rama, menghasilkan pola-pola tertentu pada tiap struktur pesan-pesan promosi koten Tiktok Rama Property.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfira Damayanti, I. D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang. Jurnal Publikasi Ilmu Komunikasi Media dan Cinema Vol. 6 No. 1, 173-190.

Anjani, R. W. (2024). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. Interdisiplin: Journal of Qualitative and Quantitative Research Vol. 1 No. 1, 29-40.

Awanda, V. S. (2021). Logika Desain Pesan Dakwah Pada Akun Instagram @sariedzea. repository uin jkt, 9-135.

Devi, R. D. (2024). Pemahaman Komunikasi : Mengartikan Pesan Dengan Tepat. Padang: Get Press Indonesia.

Djawad, A. A. (2016). Pesan, Tanda, dan Makna dalam Studi Komunikasi. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 1 No 1.

Musnaini, (2020). Digital Marketing. Purwokerto Selatan: CV Pena Persada.

Edward Enrieco, A. M. (2023). Message Design Logic Produksi Karya Fotografi (Kajian Semiotika Sosial Karya Fotografer Ully Zulkarnaen). Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 6 , No. 2.

Elvaretta Saskia Divaliani, T. F. (2024). Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Postingan Ulang Pada Aplikasi Tiktok. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 07 No. 01, 74-84.

Faidah Yusuf, H. R. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, dan Dokumentasi: Pendidikan di Majelis Taklim Annur Sejahtera. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No. 1, 1-8.

Gaya Komunikasi Dalam Berita Televisi (Produksi Pesan Pada Program Berita “Pojok Kampung” JTV Dan Penerimaan Pesan di Kalangan Masyarakat Jawa Timur). (2019). Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 03 No. 02, 163-178.

Handoko Syahputra Salim, T. S. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian di PT. Furnilux Indonesia. Jurnal Bisnis Kolega Vol. 8 No. 1, 9-21.

Manafe, A. R. (2024). Logika Desain Pesan Dalam Storytelling Marketing. Jurnal Digital Media dan Relationship Vol. 6 No. 1. 25-37.

Maulani, I. N. (2024). Live Streaming TikTok sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Tmade Artisan Souvenir. Jurnal Publikasi Ilmu Komunikasi Media dan Cinema , 37-52.

Mujawaroh Annafy, S. H. (2023). Message Design Logic on Lecturer @buiramira's TikTok Account. Formosa Journal of Social Sciences (FJSS) Vol.2 No. 1, 93-110.

Niko Dharmawan, U. P. (2024). Variasi Bahasa Dalam Film “Yowis Ben: Finale” Karya Bayu Skak (Kajian Sosiolinguistik). Blaze: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan Vol. 2 No. 3, 229-243.

O'Keefe, B. (1988). The Logic of Message Design : Individual Differences in Reasoning about Communication, Communication Monographics.

Retno Cahyaningrum, D. P. (2024). Hiperrealitas : Analisis Konten Viral di Kalangan Content Creator. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. VII No. 1, 118-128.

Rika Aulia, R. P. (2021). Analisis Idiolek dan Dialek Dalam Video Youtube Korea Roemit Full Jowo-an Sama Kakak-kakakku. Prolitera Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Budaya.

Sari, N. Y. (2024). Peran Media Sosial dalam Fenomena Viralitas (Studi Pada Akun Tik Tok @Bundacorlaofficials). Perspektif Administrasi Publik dan hukum Vol. 1 No. 3, 49-58.

Siahaan, S. (1990). Komunikasi : Pemahaman dan Penerapannya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Stephen W Littlejohn, K. F. (2011). Teori Komunikasi Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Syarif, N. (2023). Desain Pesan Program Sekitaran Etam Di Televisi Republik Indonesia (TVRI) . Innovative: Journal Of Social Science Research, 6201-6212.

Weldi R. Dilago, A. L. (2019). Komunikasi Pemerintah Desa Dalam Perencanaan Pembangunan Desa: Studi di Desa Soatobaru Kecamatan Galela Barat . Jurnal Administrasi Publik, 69-78.

Widjaja, A. (1988). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Bina Aksara.

Witriani Siti Safarina, A. W. (2023). Logika Desain Pesan pada Konten Dakwah Akun Instagram @cerita.jarrah. Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 8 No. 2, 203-224.

Wulan Purnama Sari, S. P. (2022). Viral Marketing di Media Sosial Sebagai Gaya Baru Komunikasi Pemasaran. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis Vol. 6, No. 2, 309-319.

Downloads

Published

2025-07-18

How to Cite

Maudy Veny Aulia Arifin, & Danang Tandyonomanu. (2025). Logika Desain Pesan Promosi dalam Konten Digital Marketing pada Akun TikTok @rama_property.id. The Commercium, 9(3), 308–316. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71589
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 15