Strategi Brand EngagementPerusahaan Ternaknesia Lewat Instagram

Authors

  • Annisa Farihatul Hilda Universitas Negeri Surabaya
  • Anam Miftakhul Huda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71724

Keywords:

Strategi, Brand Engagement, Ternaknesia, Instagram

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konten yang disajikan berkembang sesuai dengan tren yang sedang dibahas, selalu up to date dengan berita dan isu peternakan yang terjadi di dunia untuk memperbaharui pengetahuan para pengikut dan peternakan yang dibina oleh perusahaan. Hubungan yang tercipta dengan brand engagement juga berpengaruh pada beberapa aktivitas yang akan dilakukan oleh perusahaan, seperti mempengaruhi customer experience atau customer service. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Ternaknesia dalam membangun brand engagement untuk akun Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menyampaikan bahwa efektivitas strategi brand engagement ternaknesia berhasil memanfaatkan Instagram sebagai platform utama untuk meningkatkan engagement audiens melalui konten yang edukatif, interaktif, dan menarik secara visual. Strategi ini telah membangun kepercayaan audiens sekaligus memperkuat posisi Ternaknesia sebagai startup agritech inovatif yang mengedepankan transparansi dan edukasi. Keuntungan dari strategi digital ditambah dengan penggunaan media sosial, analisis data, dan survei telah membantu perusahaan lebih memahami karakteristik audiens mereka. Hal ini memungkinkan Ternaknesia untuk menyusun konten yang sesuai dengan preferensi target pasar utamanya, yaitu generasi milenial dan investor muda. Tantangannya adalah strategi yang diterapkan relevan dan terstruktur, tantangan terbesar adalah menjaga konsistensi dalam engagement, terutama karena minat audiens yang sangat beragam. Selain itu, ada kebutuhan untuk lebih mengoptimalkan penyampaian pesan yang dipersonalisasi dan relevan untuk menjaga loyalitas audiens

Downloads

Download data is not yet available.

References

White, K., & Griffith, T. (2023). Measuring the impact of digital marketing strategies. Journal of Data-Driven Marketing, 11(2), 99-115.

Aaker, D. A. (2014). Aaker on branding: 20 principles that drive success. Morgan James Publishing.

Ahmed, A., Lee, S., & Kim, J. (2023). Interactive content strategies on Instagram. Journal of Digital Marketing, 15(2), 45-60.

Ahmed, S., Rahman, M., & Alam, S. (2023). "The Impact of Interactive Social Media Content on Brand Engagement: Evidence from Emerging Markets." Journal of Digital Marketing, 12(3), 45-56. DOI: 10.1007/s11266-021-00459-9.

Ashley, C., & Tuten, T. (2015). Creative strategies in social media marketing: An exploratory study of branded social content and consumer engagement. Psychology & Marketing, 32(1), 15-27.

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(1), 58–70.

Berger, J., & Milkman, K. L. (2012). What makes online content viral? Journal of Marketing Research, 49(2), 192-205.

Bisnis, S., & Kewirausahaan, D. A. N. (2018). MATRIK : JURNAL MANAJEMEN , 12.

Brodie, R. J., & Hollebeek, L. D. (2016). Service-dominant logic: Foundations, reflections, and advancements. Routledge.

Brown, D., & Hayes, N. (2021). Influencer marketing: How to create, manage, and measure brand influencers. Kogan Page.

Brown, D., & Hayes, N. (2021). Influencer marketing: How to create, manage, and measure brand influencers. Kogan Page.

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 56–72.

Chen, C.-C., & Chang, Y.-C. (2018). What drives purchase intention on Airbnb? Perspectives of consumer reviews, information quality, and media richness. Telematics and Informatics, 35(5), 1512–1523. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tele.2018.03.019

Dehghani, M., & Kim, K. J. (2019). The effects of design, size, and uniqueness of smartwatches: perspectives from current versus potential users. Behaviour & Information Technology, 38(11), 1143–1153. https://doi.org/10.1080/0144929X.2019.1571111

Dewi, I. A. P. M. (2016). Efektivitas Iklan Dengan Analisis Aida (Attention. Interest, Desire Dan Action) Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha Di Kota Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(2), 1. Retrieved from file:///Downloads/24-8708-1- SM.pdf

Erdoğmuş, İ. E., & Çiçek, M. (2012). The impact of social media marketing on brand loyalty. Procedia-Socialand Behavioral Sciences, 58, 1353-1360. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1119

Fitria Rismawati, F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2019). Strategi Pemasaran Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 68. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.10793

Forijati, F., & Ridwan, R. (2020). Analisis Marketing Mix dalam Meningkatkan Jumlah Pembeli Ayam Geprek Mbok Moro Kota Kediri. Efektor, 7(1), 49–58. https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14379

Gurau, C. (2008). Integrated online marketing communication: Implementation and management. Journal of Communication Management, 12(2), 169-184.

Hamidi, M., & Mujiono, M. (2020). Perception, Awareness and Consumer Insight Towards Purchase Intention Tanjak and Tenun Lejo Products, 298(iCAST 2018), 17–21. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200813.005

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmuilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hebebci, H. B., & Usta, E. (2022). Integration of technology in marketing strategies. Journal of Innovative Marketing, 8(1), 12-25.

Hebebci, M. T., & Usta, G. (2022). Problem-based learning integrated with technology: Impacts on students' practical knowledge application. Journal of Educational Research, 115(3), 234-

248. https://doi.org/10.1080/00220671.2022.1234567

Hootsuite. (2022). "Social Media Trends 2022: The Future of Digital Marketing." Retrieved from Hootsuite Insights.

Hootsuite. (2022). The impact of storytelling and influencer collaboration on user engagement. Hootsuite Insights.

Johnson, M., & Watts, P. (2023). Challenges of social media algorithms in brand engagement. Journal of Digital Trends, 10(3), 78-92.

Jones, S., & Suh, E. (2022). Consistency and relevance in social media brand engagement. Marketing Review, 14(4), 34-50.

Jones, T., & Suh, E. (2022). "Challenges in Building Brand Engagement Through Social Media Platforms." Journal of Interactive Marketing, 45(2), 30-50. DOI: 10.1080/12345678.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kapoor, K. K., Tamilmani, K., Rana, N. P., Patil, P., Dwivedi, Y. K., & Nerur, S. (2021). Advances in social media research: Past, present and future. Information Systems Frontiers, 23(3), 695- 719. https://doi.org/10.1007/s10796-020-10087-9

Kapoor, K., et al. (2021). Digital innovation in agritech startups. Journal of Agribusiness, 20(1), 67-82.

Kereh, F., Tumbel, A. L., Loindong, S. S. R., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Yamaha Mio Pada Pt. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 968–977. https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.20024

Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social media? Get serious! Understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons, the functional building blocks of social media. Business Horizons, 54(3), 241-251. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Strategic marketing: Data-driven approaches. Marketing Science, 13(1), 22-38.

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & Piercy, N. (2021). Principles of marketing (8th European ed.). Pearson.

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2021). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.

Kytö, E., Virtanen, M., & Mustonen, S. (2019). From intention to action: Predicting purchase behavior with consumers’ product expectations and perceptions, and their individual properties. Food Quality and Preference, 75, 1–9.https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2019.02.002

Lee, J., & Kotler, P. (2022). Educational approaches in brand engagement. Journal of Consumer Education, 19(2), 112-130.

Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52(4), 357-365.

Martinez, L., & Lopez, M. (2022). Adapting to social media algorithm changes. Digital Marketing Journal, 18(1), 55-71.

Monareh, J. A., Dh, A. F., & Nuralam, I. P. (2018). Pengaruh Telemarketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Pelanggan Produk Multiguna Astra Credit Companies Priority di PT Astra Sedaya Finance ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(2), 21–28.

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Annisa Farihatul Hilda, & Anam Miftakhul Huda. (2025). Strategi Brand EngagementPerusahaan Ternaknesia Lewat Instagram. The Commercium, 9(3), 360–375. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.71724
Abstract views: 11 , PDF Downloads: 17