Komparasi Penyajian Konten Berita Infografis pada Tirto.id dan Teks pada Kompas.com Terhadap Persepsi Digital Native dan Immigrant di Kota Surabaya pada Pemberitaan Gerakan #2019GantiPresiden

Authors

  • IQBAL SYAHRANGGA
  • AWANG DHARMAWAN

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v1i2.26571

Abstract

Infografis merupakan sebuah media baru yang lahir di era internet dan telah menjadi bentuk media yang popular di kalangan warganet. Tirto sebagai salah satu media daring dengan nama besar di Indonesia telah menggunakan infografis dalam pemberitaan mereka dan menggaet interaksi pengguna di media sosial. Sementara Kompas merupakan media besar yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1965. Dalam pemberitaannya, Kompas menggunakan bentuk berita naratif/berita teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari warganet dalam kelompok umur digital native dan digital immigrant terhadap dua bentuk penyajian berita yang dilakukan Tirto dan Kompas dalam pemberitaan berunsur politik, lebih spesifik pada pemberitaan gerakan #2019GantiPresiden. Penelitian ini menggunakan metode komparasi dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan memberikan kuesioner terhadap responden yang didapatkan melalui teknik stratified random sampling. Penelitian ini memberikan hasil bahwa baik digital native maupun digital immigrant yang berbeda rentang usia memiliki persepsi yang sama terhadap infografis. Infografis dipandang kedua kelompok responden lebih menarik perhatian dan mudah diingat dalam menyampaikan suatu informasi, khususnya dalam sebuah pemberitaan yang dalam penelitian ini adalah pemberitaan berunsur politik.

Kata Kunci : Infografis, Tirto, Kompas, Berita, Media.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-14

How to Cite

SYAHRANGGA, I., & DHARMAWAN, A. (2019). Komparasi Penyajian Konten Berita Infografis pada Tirto.id dan Teks pada Kompas.com Terhadap Persepsi Digital Native dan Immigrant di Kota Surabaya pada Pemberitaan Gerakan #2019GantiPresiden. The Commercium, 1(2). https://doi.org/10.26740/tc.v1i2.26571
Abstract views: 196 , PDF Downloads: 88