PERSEPSI ANAK MUDA DI SURABAYA MENGENAI COFFEE SHOP SEBAGAI GAYA HIDUP MASYARAKAT PERKOTAAN

Penulis

  • Rismawardani Wahyu Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Awang Dharmawan S. I.Kom., M.A. Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.47850

Abstrak

Perubahan gaya hidup telah melanda masyarakat kota besar di Indonesia, ditandai oleh menjamurnya tempat menikmati kopi bergaya, industri kecantikan, industri fashion, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Konsumsi terhadap sesuatu kini tidak sekedar berdasarkan nilai guna produk melainkan pada nilai-nilai personal konsumen dan prestise. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menginterpretasikan persepsi anak muda di Surabaya mengenai coffee shop sebagai gaya hidup. Menggunakan metode fenomenologi dan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah anak muda di Surabaya datang ke coffee shop tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan minum kopi bagi dirinya yang coffee addict, melainkan datang untuk mendapatkan valiadasi dari lingkungan sekitarnya bahwa apa yang ia lakukan sesuai dengan gaya hidup masyarakat perkotaan masa kini. Melalui gaya berpenampilan, bertutur kata dengan menggunakan gaya bahasa gaul, dan hal-hal lain yang merepresentasikan bahwa dirinya berada di era modern.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-07-06

Cara Mengutip

Pratiwi, R. W., & S. I.Kom., M.A., A. D. (2022). PERSEPSI ANAK MUDA DI SURABAYA MENGENAI COFFEE SHOP SEBAGAI GAYA HIDUP MASYARAKAT PERKOTAAN. The Commercium, 5(2), 238–249. https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.47850

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 1048 , PDF Downloads: 3412