IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING LAYANAN JASA KURIR JASKU DI MADURA

Authors

  • Mohammad Rifqie Zidane Maghrobie Universitas Negeri Surabaya
  • Puspita Sari Sukardani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.58356

Keywords:

Digital Marketing, Pemasaran Jasa, Social Media Marketing

Abstract

Hadirnya digital marketing semakin memudahkan para pengusaha untuk memasarkan produk atau layanan jasa mereka. Layanan Jasa Kurir atau yang lebih dikenal sebagai Jasku memanfaatkan sosial media sebagai kebutuhan mereka dalam memasarkan layanan mereka secara digital agar semakin dikenal luas oleh masyarakat Madura. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat memahami implementasi digital marketing yang dilakukan oleh layanan Jasku di Madura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori digital marketing, terkhusus pada konsep Social media marketing (SMM). Data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara secara mendalam kepada owner layanan Jasku, tim kreator layanan Jasku serta tambahan data dari dua konsumen layanan Jasku, pengamatan pada sosial media layanan jasku, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah layanan Jasku menggunakan tiga sosial media, yaitu Instagram, WhatsApp, dan Tiktok sebagai bentuk pemasaran secara digital mereka. Adanya pembagian pengalaman secara sukarela oleh konsumen juga menjadi pemasaran secara sukarela pada layanan Jasku. Hambatan pada implementasi pemasaran digital yang dilakukan Jasku ada pada kurangnya informasi mengenai layanan digital di masyarakat Madura sehingga seringkali terjadi kesalahan komunikasi antara layanan Jasku dengan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Maghrobie, M. R. Z., & Sukardani, P. S. (2024). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING LAYANAN JASA KURIR JASKU DI MADURA. The Commercium, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.58356
Abstract views: 118 , PDF Downloads: 152