POLA KOMUNIKASI IBU SINGLE PARENT DALAM MENDIDIK ANAK USIA REMAJA DI MOJOKERTO

Penulis

  • Salsabila Karina Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Mutiah S.Sos., M.I.Kom. Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.58591

Kata Kunci:

Pola Komunikasi, Ibu Orang Tua Tunggal, Anak Remaja.

Abstrak

Pada tahun 2022, terdapat 4.253 pasangan di Mojokerto yang bercerai, penyebabnya adalah pertengkaran,
masalah ekonomi, poligami, dan murtad. Kecamatan Jetis di Mojokerto memiliki tingkat perceraian
tertinggi, yang berdampak pada meningkatnya jumlah orang tua tunggal. Perceraian tidak hanya
berdampak pada suami-istri, tetapi juga pada anak, terutama anak remaja. Dampaknya mencakup
perasaan tidak aman, kesepian, dan perasaan bersalah pada anak. Peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode fenomenologi dan tiga pola komunikasi yakni, Authoritarian, Authoritative, dan
Permissive. Hasil penelitian menunjukkan dari 6 ibu single parent yang diteliti, pola komunikasi keluarga
yang diterapkan beragam, termasuk Authoritarian, Authoritative, dan Permissive. Penelitian ini bertujuan
untuk memahami bagaimana pola komunikasi ibu single parent memengaruhi hubungan mereka dengan
anak remaja dan pembentukan konsep diri remaja. Dalam menghadapi masa remaja yang penuh
tantangan, komunikasi efektif antara ibu single parent dan anak sangat penting untuk memastikan
perkembangan yang sehat dan hubungan yang baik antara keduanya. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa dari 6 ibu single parent di Jetis, Mojokerto, terdapat variasi dalam pola komunikasi keluarga yang
mereka terapkan. Sebagian besar menggunakan pola authoritative yang terbukti efektif mendidik anak
usia remaja. Terbukti authoritative cocok digunakan oleh ibu single parent mendidik anak remaja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akdiah, K. (2018). Metode Guru Bimbingan

Konseling Dalam Mengarahkan Orientasi Masa

Depan Siswa SMA Muhammadiyah Tambak

KhoifatulAkdiah.

Ali, M., & Asrori, M. (2016). Psikologi Remaja,

Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi

Aksara.

Aminah, Andayani, & Karyanta. 2014. Proses

Penerimaan Anak (Remaja Akhir) Terhadap

Perceraian Orangtua Dan Konsekuensi

Psikososial Yang Menyertainya. Jurnal.

Fakultas Kedokteran Program Studi Psikologi

Universitas Sebelas Maret.

Anggraeni, K.D. (2018). Perlombaan Festival Anak

Sholeh Masjid Alhidayah Sebagai Upaya

Untuk Menumbuhkan Kreativitas dan

Meningkatkan Partisipasi Warga Perumahan

Perwita Regency. Jurnal Pemberdayaan:

Publikasi Hasil Pengabdian Kepada

Masyarakat.

Ariani, T. A. (2009). Korelasi Pola Hubungan

Orangtua-Anak dan Keberfungsian Keluarga

dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Burgoon, R. (1974). Human Communication.

United States of America: Holt, Rinehart &

Winston.

De Vito, JA 1997. Komunikasi Antar Manusia.

(terjemahan: Agus Maulana). Jakarta: Buku

Profesional.

Devito, J. A. (1989). The Interpersonal

Communication Book.New York: Harper and

Row.

Djamarah, SB (2014). Pola asuh orangtua dan

komunikasi dalam keluarga. Jakarta: Rineka

Cipta.

Families, C.a.S.S., 2010. The State of Victoria's

Children 2010. Victoria: Families, Communities

and Social Support. p.257.

Febrianty, F. (2018). Pola Komunikasi Ibu Single

Parent Studi Deskriptif Kualitatif Pola

Komunikasi Anak dan Ibu Single Parent di

Kota Bandung.

Friedman, marilyn M., vicky R. Bowden, dan ellaine

G. Jones. 2010. Buku Ajar Keperawatan

Keluarga Riset , Teori , & Praktik. Edisi 5.

jakarta: EGC.

Ghaisa, SS (2020). Komunikasi Interpersonal Antara

Orangtua dan Anak Pasca Perceraian (Studi

Kasus di Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin).

Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi

Hurlock, E. (1999). Psikologi Perkembangan.

Jakarta: Erlangga

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan,

Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi

Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang

Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Ikbar, Y. (2014). Metode Penelitian Sosial Kualittif.

Bandung: Refika Aditama.

Karlina, L. (2020). Fenomena terjadinya kenakalan

remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147-

158.

Mahrani, L., Batubara, A., & Muhazir, M. (2021).

Perkembangan Emosi Pada Anak Korban

Perceraian Orang Tua Pada Lingkungan 1

Kelurahan Damai Kecamatan Binjai Utara Kota

Binjai. Jurnal Serunai Bimbingan dan

Konseling

Mediantoro, M. (2014). Pengaruh hubungan

interpersonal orang tua dan anak terhadap

tingkat self disclosure anak dalam masalah

berpacaran (survei pada anak sma sang timur

jakarta, kelas xi).

Monks, F.J., A. M. P. Knoers & S.R. Haditono.

(2001). Psikologi Perkembangan: Pengantar

Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah

Mada University Press.

Palupy, DF (2006). Penyesuaian Perkawinan Pada

Janda Yang Menikah Lagi (Menikah Kembali)

dan Berperan Sebagai Ibu Tiri.

Pengadilan Agama Mojokerto. (2022). Data Laporan

Perkara Pengadilan Mojokerto

Rahim,dkk (2006) Krisis dan Konflik Institusi

Keluarga, (Bandung: PT. Alumni)

Rahmah, S. (2019). Pola komunikasi keluarga dalam

pembentukan kepribadian anak. Alhadharah:

Jurnal Ilmu Dakwah , 17 (33), 13-31.

Septiyani, N. M. (2022). Pola Komunikasi Single

Father dalam Film Drama (Analisis Semiotika

Ferdinand de Saussure Pola Komunikasi Single

Father dalam Film Fatherhood). Tanra: Jurnal

Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan

Desain Universitas Negeri Makassar, 9(2),

Article 2.

Soejanto, A. (2001). Ilmu Komunikasi. Remaja

Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Syamsunardi. (2019). Pendidikan Karakter Keluarga

dan Sekolah. Malang: UB Press

Untari, I., Putri, K.P., & Hafiduddin, M. (2018).

Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap

Kesehatan Psikologis Remaja.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi.

Jakarta: PT. Grasindo.

Yusuf, S. (2001). Psikologi Perkembangan Anak

dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Diterbitkan

2024-01-24

Cara Mengutip

Putri, S. K., & S.Sos., M.I.Kom., M. (2024). POLA KOMUNIKASI IBU SINGLE PARENT DALAM MENDIDIK ANAK USIA REMAJA DI MOJOKERTO. The Commercium, 8(1), 11–22. https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.58591

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 98 , PDF Downloads: 227