Manajemen Redaksi dalam Jurnalisme Bencana pada Portal Berita IDN Times

Authors

  • Jovanka Oktaviana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66403

Keywords:

manajemen redaksi, jurnalisme bencana, etik jurnalistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen redaksi dalam jurnalisme bencana pada portal berita IDN Times.  Fokus penelitian mencakup penerapan teori POAC (planning, organizing, actuating, controlling) dan kepatuhan terhadap kode etik
jurnalistik dalam peliputan berita bencana. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tim redaksi IDN Times. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IDN Times berhasil menerapkan manajemen redaksi yang terstruktur dan sesuai standar
jurnalistik. Juga mampu mengelola peliputan bencana secara efektif dengan tetap menjaga profesionalisme dan nilai-nilai kemanusiaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, A. (2010). Jurnalisme Bencana Bencana Jurnalisme. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fakhurrazi. (2019). Manajemen Redaksi pada Portal Berita www.lpmdinamika.co dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Kampus bagi Mahasiswa Uinsu. Universitas Negeri Sumatera Utara, 30.

Hardianti, R. (2017). Motivasi Konsumsi Media Online dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Kalangan Generasi Milenial. Universitas Multimedia Nusantara, 6.

Jemali, V. (2022, September 6). Lima Kelurahan di Kota Palu Dilanda Banjir, Ribuan Warga Terdampak. Retrieved from Kompas.id: https://www.kompas.id/baca/nusantara/2022/09/06/lima-kelurahan-di-kota-palu-dilanda-banjir-ribuan-warga-terdampak

Junaedi, F., & Gita Sukmono, F. (2018). Junrlisme Sensitif Bencana dalam Manajemen Pencarian, Pengelolaan, Informasi dan Pemberitahuan Bencana di Ruang Redaksi. Jurnal Aspikom, 712-721.

Kencana, W. H., Situmeang, I. V., Meisyanti, Rahmawati, K. J., & Nugroho, H. (2022). Penggunaan Media Sosial dalam Portal Berita Online. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 139.

Ktiyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media.

Kumalasari, A. D. (2018). Manajemen Redaksi IDN Times dalam Menghadapi Persaingan Media Online. Universitas Negeri Surabaya.

Lisna. (2019). Jurnalisme Bencana: Studi Fenomeologi tentang Pengalaman Wartawan Media Online di Kota Bandung dalam Meliput Bencana. UIN Sunan GUnung Djati Bandung, 1.

Masduki. (2007). Wajah Ganda Media Massa dalam Advokasi Bencana Alam. Jurnal UNISIA, 164.

Nasution, Z. (2017). Etika Jurnalisme: Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Nazaruddin, M. (2007). Jurnalisme Bencana: Sebuah Tinjauan Etis. Jurnal Komunikasi, 163.

Parwati, N., & Zain, A. B. (2020). Strategi Redaksi dalam Menjaga Keakuratan dan Kecepatan Berita Media. Jurnal Ilmiah Pemberitaan, 45.

Pattia, G., & Radjagukguk, D. L. (2021). Strategi Manajemen Redaksi Radar Depok.com dalam Menghadapi Persaingan di Era Digitalisasi. Populis: Jurnal Sosial dan Humaniora, 130-138.

Prasetyanti, D. E. (2018). Manajemen Redaksi Media Online Tirto.id dalam upaya mewujudkan jurnalisme data. Universitas Islam Indonesia.

Prasetyo, Y. A. (2018). Abal-Abalisme sebagai Musuh Kemerdekaan Pers. Jurnal Dewan Pers, 7.

Pratama, E. A. (2020). Analisis Manajemen Redaksional Jurnalisme Pariwisata pada Detik Travel dan Kompas Travel. Universitas Islam Indonesia.

Putri, M. S. (2021). Manajemen Redaksi Media Lokal Papua dalam Pemberitaan Covid-19. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 3.

Rahmayanti, C. (2020). Manajemen Redaksi Media MultiPlatform (Studi Newsroom pada Arema Media Group). Universitas Muhammadiyah Malang, 3.

Ramadan, A. A. (2021, November 4). Detik-detik Mencekam Banjir di kota Batu. Retrieved from Suara Malang: https://malang.suara.com/read/2021/11/04/165454/detik-detik-mencekam-banjir-di-kota-batu

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suciati, T. N., & Fauziah, N. (2020). Layak Berita Ke Layak Jual: Nilai Berita Jurnalisme Online Indonesia di Era Attention Economy. Jurnal Riset Komunikasi, 54.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianton, T. (2016). Jurnalistik Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Wijaya, H., & Helaluddin. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar.

Yuliani, A. M. (2020). Penerapan Kode Etik Jurnalistik dalam Pemberitaan Bencana Banjir (Analisis Isi Kuantitatif Penerapan Prinsip akurasi dalam Kode Etik Jurnalistik pada Pemberitaan Banjir Awal Tahun 2020 di Jakarta dan Sekitarnya dalam Okezone.com Periode 1-8 Januari 2020). Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 4.

Downloads

Published

2025-03-05

How to Cite

Oktaviana, J. (2025). Manajemen Redaksi dalam Jurnalisme Bencana pada Portal Berita IDN Times. The Commercium, 9(2), 1–10. https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66403
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0