Peran Komunikasi Getok Tular Dalam Pemasaran Kuliner Legendaris Pecel Garuda Kertosono

Penulis

  • Dhimas baskara Purnama putra Universitas negeri surabaya
  • Aditya Fahmi Nurwahid Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66454

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Getok Tular, Pemasaran Viral

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi getok tular dalam strategi pemasaran Pecel Garuda Kertosono, sebuah kuliner legendaris. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  komunikasi  getok  tular  memainkan  peran  sentral  dalam membangun kepercayaan pelanggan. Dibandingkan dengan iklan resmi, rekomendasi dari orang terdekat lebih berpengaruh, terutama melalui interaksi sosial di lingkungan pertemanan, keluarga, dan platform media sosial. Peran influencer seperti Cak Naryo turut mendukung efektivitas strategi ini, terutama dalam mendorong insentif agar  pelanggan  tidak  bersikap  pasif  dalam  berbagi  pengalaman  mereka.  Temuan  ini  menegaskan bahwa pengalaman pelanggan yang positif serta komunikasi berbasis kepercayaan merupakan elemen kunci dalam strategi pemasaran yang berhasil.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adika, S., Praptiningsih, M., Bisnis, F., Petra, U. K., Siwalankerto, J., & Kunci, K. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Persepsi Kualitas Layanan, Persepsi Harga dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sepeda di Toko Sepeda O.K Mranggen. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2)

Ali, K. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial dan Word of Mouth terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo). Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB), 1(2), 2745–2892

Ayunita, T., & Musikita, R. (2021). Getok Tular dan Dampaknya dalam Pemasaran Produk Kuliner. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(3), 45-56

Fitria, A., & Uljanatunnisa. (2017). Getok Tular untuk Memperkuat Brand Positioning The House of Raminten sebagai Angkringan Tradisional Modern di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 22-36

Hasiholan, L. B., & DJ, Y. R. (2019). Strategi Positioning dalam Upaya Membangun Brand. Jurnal Penelitian IPTEKS, 7(1), 33-47

Joesyiana, R. (2018). Pengaruh Getok Tular dalam Pemasaran Produk. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 34-45

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (Fifth Edition). Pearson Education.

Khotimah, R. (2020). Getok Tular Marketing: Analisis Teoretis dan Praktis. Jurnal Komunikasi, 14(2), 165-174

Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.

Lauran. (2021, September 24). Brand Positioning: Strategi Marketing Terbaik untuk Branding. Retrieved from https://www.kreditpintar.com/education/brand-positioning https://www.kreditpintar.com/education/brand-positioning

Rudi, D., & Tim. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Media Sosial (Instagram) dan Getok Tular terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok Taya. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(3), 57-70

Soegoto, E. S., Amelia, N., Dhafina, N. A., & Berlianti, W. (2021). Utilization of Word-of-Mouth Marketing Strategy in Culinary Business. International Journal of Research and Applied Technology (INJURATECH), 1(2), 439-447

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Turban, E., King, D., Lee, J., Liang, T., & Turban, D. (2018). Electronic Commerce 2018: A Managerial and Social Networks Perspective. Springer.

Diterbitkan

2025-03-14

Cara Mengutip

Purnama putra, D. baskara, & Aditya Fahmi Nurwahid. (2025). Peran Komunikasi Getok Tular Dalam Pemasaran Kuliner Legendaris Pecel Garuda Kertosono. The Commercium, 9(2), 11–20. https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66454
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0