PENGARUH TERPAAN INFORMASI GERAKAN BOIKOT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA PADA PRODUK MCDONALD’S DI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66607Keywords:
Terpaan Informasi, Keputusan Pembelian, Gerakan BoikotAbstract
Penelitian ini membahas terkait pengaruh dari terpaan informasi gerakan boikot terhadap keputusan
pembelian mahasiswa pada produk McDonald’s di Surabaya. Dengan tujuan mengetahui dan menguji pengaruh dari
terpaan informasi gerakan boikot terhadap keputusan pembelian mahasiswa pada McDonlad’s di Surabaya.
Adanya konflik antara Israel dengan Palestina yang kembali memanas pada bulan Oktober 2023 menjadi pemicu
adanya kampanye sosial melalui digital yaitu gerakan boikot. Pada tahun 2023 – 2024 media massa dan media baru
gencar memberikan informasi mengenai konflik antara Israel dan Palestian begitu pula gerakan boikot kepada merek
atau produk yang diduga terafiliasi dengan Israel. McDonald’s menjadi salah satu merek yang terkena imbas dari
gerakan boikot, karena terang – terangan memberikan makanan gratis kepada pasukan IDF Israel. Menggunakan teori
stimulus – organism – response milik Carl I. Hovland, penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan metode
survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Surabaya yang mengetahuri merek McDonald’s dan
mengikuti perkembangan informasi gerakan boikot. Dengan teknik incidental sampling dan rumus Cochran
ditemukan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
linear sederhana dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah terpaan informasi
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 35,3%.
Downloads
References
Indraini, Anisa. (2023, Oktober 15). Ramai Seruan Boikot McDonald’s Buntut Kasih Makan Gratis ke Israel. Detik Finance.https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d 6983627/ramai-seruan-boikot-mcdonalds-buntut-kasih-makan-gratis-ke-israel
Sorongan, Tommy P. (2023, November 23). Penjualan McDonald’s Anjlok 70% Gegara Boikot Anti Israel. CNBC Indonesia.https://www.cnbcindonesia.com/news/20231123140438-4 491438/penjualan-mcdonalds-anjlok-70-gegara-boikot-anti-israel
Permana, Fuji E. (2024, Januari 31). Soal Aksi Boikot, McD Indonesia : Tentu Sangat Berdampak. Republika. https://ekonomi.republika.co.id/berita/s84bzy502/soal-aksi boikot-mcd-indonesia-tentu-sangat-berdampak
Suparno, Vischa C. (2024, Januari 4). Boikot McDonald’s : Dampak Bagi Para Karyawan dan Para Pengunjung. Kompasiana.https://www.kompasiana.com/vischa40102/6596843112d50f3a3355e242/boikot mcdonald-s-dampak-bagi-para-karyawan-dan-para-pengunjung?page=2&page_images=1
Mustofa, Abdul R. (2024, Mei 10). Aksi Boikot Israel, dari Maroko hingga Malaysia.https://www.kompas.id/baca/opini/2024/05/09/aksi-boikot-israel-dari-maroko hingga-malaysia
Nurul, Nadia N. (2024, Juni 2). Pengaruh Kampanye Boikot Terhadap Penjualan McDonald’s di Indonesia.https://www.kompasiana.com/nadianrl/665c3dfded6415615575de22/pengaruh kampanye-boikot-terhadap-penjualan-mcdonalds-indonesia
Afifah, M. N., Sutopo, H., & Albab, U. (2024). Pengaruh Gerakan Boikot Produk Pro Israel Di Media Sosial Terhadap Minat Beli Masyarakat Bandar Lampung. 09(02), 426–434. https://doi.org/10.37366/jespb.v9i02.1918
Alifiya, A. I., Khoerunnisa, A., Mariam Syarah, A., Zaenal Abidin, D., Mutiara Putri, G., Istiqomah, I., & Lasmi Wardiyah, M. (2024). Analisis Dampak Gerakan Boikot Produk Pro-Israel Terhadap Penjualan Starbucks Dan Kopi Lokal Di Indonesia. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akutansi, 2(6), 633–642. http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca
Anisah, S. (2015). Pengaturan Dan Penegakan Hukum Pemboikotan Dalam Antitrust Law Amerika Serikat. Jurnal Media Hukum, 22(2). https://doi.org/10.18196/jmh.2015.0054.173-189
Asiva Noor Rachmayani. (2015). Hubungan Terpaan Informasi Produk dan Terpaan Promosi Penjualan Dengan Keputusan Pembelian Kembali Fashion di TokopediaTitle. 6.
Dwi Poetra, R. (2019). BAB II Tinjauan Pustaka BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. 1–64.Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Effendy. (2003). BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Teori S-O-R.
Gujarati, D., & Porter, D. (2010). No Pengaruh Terpaan Media Online Wolipop.com Terhadap Pengetahuan Tentang Dunia Gaya dan Kecantikan pada Member Facebook Alumni Stella Duce 1 Angkaran 2009.Title. 1–37.
Iii, B. A. B., & Operasional, T. D. (2019). METODE PENELITIAN A . Pendekatan Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif . Pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan data berupa angka-angka hasil jawaban survei yang disebarkan ke sampel penelitian dan dianalisis men. 35–49.
Iii, B. A. B., & Penelitian, V. (2016). METODE PENELITIAN. 35–46.
Journal, C. (2024). Perilaku Konsumen Islam Terhadap Boikot Produk Israel( 1. 3, 2312 2327.
Keller, K. dan. (2016). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 2004, 6–25.
Khainayya, R. (2022). Pengaruh Terpaan Informasi Instagram@Kitabisacom Terhadap KeputusanFollowers Berdonasi OnlineDi Masa Pandemi Covid-19. Skripsi.
Manajemen, P. S., & Nasional, U. P. (2024). PENGARUH GERAKAN MEDIA SOSIAL DAN PARTISIPASI BOIKOT TERHADAP MINAT BELI PRODUK MCDONALD ’ S DI Studi ini berfokus pada pengaruh gerakan boikot media sosial dan partisipasi boikot terhadap minat beli produk McDonald ’ s di kalangan mahasiswa Surabaya . Se. 7.
Mauliddiyah, N. L. (2021). No Kampanye Boikot Produk Israel Melalui Media Sosial di Kalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Hukum Universitas Malikussaleh)Title. 6.
Nazar, M. A. (2021). Pengaruh Informasi Produk Terhadap Efektivitas Keputusan Pembelian Melalui Efektivitas Digital Marketing Pada Pengguna Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 6(2), 205–217. https://doi.org/10.33474/jimmu.v6i2.12462
No, V., Dan, D., & Bds, S. (2023). PENGARUH GERAKAN ( STUDI PADA. 4(2), 71–84.
Nur Khasanah, N. (2019). Teori S-O-R. Repository Universitas Semarang, 1, 105–112.
Pokhrel, S. (2024). Pengaruh Gerakan Media Sosial dan Partisipasi Boikot Terhadap Minat Beli Produk McDonald's di Kalangan Mahasiswa Surabaya(Vol. 15, Issue 1).
Prasasti, T. E., & Ramadhika, A. (2024). … Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restoran Mcdonald’S (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kota Bandung Di Masa Boikot). Prosiding …, 6681(7), 1393–1401. https://prosidingfrima.digitechuniversity.ac.id/index.php/prosidingfrima/article/view/670%0Ahttps://prosidingfrima.digitechuniversity.ac.id/index.php/prosidingfrima/article/downlo ad/670/640
Primayudha, R. F. (2022). KONSEP BOIKOT DALAM ALQURAN DAN IMPLEMENTASINYA (Studi Tafsir Tematik Konsep atas Ayat-ayat Boikot). Skripsi, Prodi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat Uin Sunan Ampel Surabaya, Hlm 31-34.
Rohaya, Nasution, M. L. I., & Dharma, B. (2024). Analisis Faktor Perilaku Konsumsi Terhadap Keputusan Boikot Produk Israel : Studi Kasus Pada. 13(03), 1036–1050.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 3(17), 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Trisna Semara, I. M., & Lestari, D. (2021). Pengaruh Terpaan Informasi Pandemi Covid-19 Terhadap Loyalitas Wisatawan Berwisata Dengan Minat Berkunjung Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal IPTA, 9(2), 258. https://doi.org/10.24843/ipta.2021.v09.i02.p04
Machali, I. (2021). Metode penelitian kuantitatif: Panduan praktis merencanakan, melaksanakan, dan analisis dalam penelitian kuantitatif. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sugiyono. (2020). Statistika untuk penelitian. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

