EFEKTIVITAS EVENT DALAM PROMOSI DIGITAL GRESSMALL GRESIK UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66674Keywords:
Event, Digital Promotion, Social Media, Gresmall GresikAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah strategi pemasaran pusat perbelanjaan, menuntut pelaku usaha untuk menyesuaikan pendekatan guna meningkatkan daya saing. Pengabungan antara event dan digital menjadi strategi utama dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan keterlibatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas event dalam promosi digital GressMall Gresik untuk meningkatkan jumlah pengunjung, serta meningkatkan brand awareness dan menarik lebih banyak pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan beberapa informasi deskriptif. Landasan teori yang digunakan adalah model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share), yang menjelaskan tahapan perilaku konsumen dalam era digital, terutama dalam pencarian informasi dan berbagi pengalaman melalui internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gresmall Gresik menerapkan berbagai strategi digital marketing, termasuk konten interaktif, promosi digital, dan strategi komunikasi efektif untuk membangun interaksi dengan konsumen serta meningkatkan loyalitas pelanggan. GressMall Gresik berupaya sebagai pusat perbelanjaan berupaya memperkuat daya tariknya di tengah persaingan yang semakin ketat. Kesimpulan penelitian Penerapan digital marketing di GressMall Gresik, khususnya dengan model AISAS, terbukti efektif tidak hanya mengatasi tantangan pemasaran konvensional, tetapi juga meningkatkan daya tarik mall bagi para pengunjung.
Downloads
References
Anindita, K. S. (2018). Strategi Komunikasi Lembaga Aksi Cepat Tanggap Di Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Minat Donatur Pada Program Kapal Kemanusiaan Untuk Palestina. 1–163.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2003). Advertising and Packaging, An integrated Marking Communications Perspective. Belch: Advertising and Promotion, Sixth Edition, 168.
Brogran. (2010). Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business Online. Forbes.
Castells, M. (2000). The Rise of the Network Society (2nd ed.). Blackwell Publishing.
Chaffey, D., & Bosomworth, D. (2013). Digital Marketing Strategy: Implementation and Practice. Pearson.
Chaffey, D., & Bosomworth, D. (2014). Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing, and Integrating Online Marketing (5th ed.). Routledge.
Dave, C., & Chadwick, F. E. (2016). Digital Marketing Implementation and Practice. In Digital Marketing Technologies. https://doi.org/10.1007/978-981-97-0607-5_3
Dentsu. Inc. (2004). The AISAS Model and the Future of Advertising.
Devito, J. A. (2017). Essentials of Human Communication. In University of New York (Vol. 11, Issue 1).
Fadillah, T. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Cafe Papistar Melalui Media Sosial Instagram. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.
Farook, F. S., & Abeysekara, N. (2016). Influence of Social Media Marketing on Customer Engagement. International Journal of Business Management Invention, 5(12), 115–125.
Fill, C. & S. (2019). Marketing Communications: discovery, creation and conversations (8th Edition).
Fitriani, K. T. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai ‘Sittichai’ Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Brand Awareness. UPN “Veteran” Yogyakarta.
Goldblatt. (2010). Special Events: A New Generation and the Next Frontier.
Hidayah, N. (2018). Analisi Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store. Marketing, 149.
Hovland, C. I., Janis, I. L., & Kelley, H. H. (1953). Communication and Persuasion: Psychological Studies of Opinion Change. Yale University Press.
Hoyle, R. H., Davisson, E. K., Diebels, K. J., & Leary, M. R. (2016). Holding specific views with humility: Conceptualization and measurement of specific intellectual humility. Personality and Individual Differences, 97, 165–172. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.03.043
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons.
Keller, K. . (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity 4th Edition. Pearson Education.
Keller, Kevin, L., & Kotler, P. (2016). Marketing Management. In Pearson Education.
Koch, C., & Sauerbronn, F. F. (2020). Marketing Communications: A Consumber-Centric Approach.
Kotler, & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Prenhallindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Pearson.
Kotler, P., Setiawan, H., & Kertajaya, I. (2017). Marketing 4.0 Moving from Traditional to Digital.
Lasswell, H. D. (1948). The structure and function of communication in society. The Communication of Ideas, 1948, 37–52.
Mcluhan, M. (2012). Understanding Media: The Extensions of Man. In Encyclopedia of New Media. https://doi.org/10.4135/9781412950657.n237
McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory. Sage Publications.
Miles, J. G. (2013). Instagram Power: Build Your Brand and Reach More Customers with the Power of Pictures. McGraw Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

