Knowledge dan Persuasion dalam Strategi Tim Superagro untuk Mencetak Petani Kosmopolitan

Penulis

  • LULUS FIRDA AGUSTIN
  • TSUROYYA

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v1i2.27064

Abstrak

Aplikasi Superagro adalah aplikasi pertanian yang berusaha membentuk dan mengarahkan pola pikir petani menjadi kosmopolitan, sehingga petani memiiki pengetahuan yang luas dan mampu lebih beradaptasi dengan perkembangan informasi saat ini yang nantinya bisa berdampak kepada perekonomian dan kesejahteraan petani. Strategi Superagro untuk mengajak petani mengadopsi konsep kosmopolitan dengan penerapan teori adopsi inovasi Everett Rogers pada tahap knowledge dan persuasion adalah: (1) mengamati dan mempelajari kondisi lapangan; (2) mencari link atau koneksi menuju opinion leaders; (3) menggunakan waktu yang tepat untuk melakukan pendekatan dan penyuluhan; (4) memberikan penyuluhan yang informatif dan menarik. Hasilnya, petani mulai mengadopsi pola pikir kosmopolitan meskipun tingkatannya masih rendah.

Kata Kunci: aplikasi pertanian, Superagro, petani kosmopolitan, kosmopolit.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-03-01

Cara Mengutip

FIRDA AGUSTIN, L., & TSUROYYA. (2019). Knowledge dan Persuasion dalam Strategi Tim Superagro untuk Mencetak Petani Kosmopolitan. The Commercium, 1(2). https://doi.org/10.26740/tc.v1i2.27064

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 41 , PDF Downloads: 143