FAKTOR FAKTOR YANG MENDASARI KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA FORUM JUAL BELI KASKUS

Penulis

  • DARMAWAN FAHRUR SANTUKO
  • PUTRI AISYIYAH RACHMA DEWI

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v1i2.27491

Abstrak

Saat ini, perkembangan internet telah menjadikan sebagai suatu kebutuhan. Begitu banyak sesuatu hal baru yang timbul dari adanya perkembangan internet, salah satunya yaitu pembelian atau belanja barang dan jasa secara online. Dengan adanya online shop konsumen diharuskan untuk lebih pintar dalam melakukan proses pembelian serta transaksi. Berbagai online shop telah banyak bermunculan terutama pada Forum Jual Beli Kaskus, dimana dalam Forum Jual Beli seperti pada Kaskus konsumennya percaya pada produk yang telah diberikan serta banyak pilihan terhadap produk yang akan dipilihnya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini mengangkat Faktor Faktor Yang Mendasari Kepercayaan Konsumen Pada Forum Jual Beli Kaskus yang berdasarkan dari teori social commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendasari kepercayaan konsumen pada forum jual beli Kaskus. Peneliti mengunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian berjenis eksplanatori. Dengan meneliti serta menguji suatu teori atau hipotesis untuk memberikan penjelasan antar variabel yang ada, serta dalam pengujian data dibantu dengan aplikasi SPSS. Hasil yang didapat adalah dari beberapa faktor yang ada seperti Recommendations and Referrals, Ratings and Reviews dan Forum and Communities yang dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan konsumen pada Forum Jual Beli Kaskus yaitu Recommendations and Referrals, dan Ratings and Reviews, sedangkan untuk Forum and communities tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen.

Kata Kunci: Online Shopping, Social Commerce, Forum Jual Beli Kaskus.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-05-13

Cara Mengutip

FAHRUR SANTUKO, D., & AISYIYAH RACHMA DEWI, P. (2019). FAKTOR FAKTOR YANG MENDASARI KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA FORUM JUAL BELI KASKUS. The Commercium, 1(2). https://doi.org/10.26740/tc.v1i2.27491

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 63 , PDF Downloads: 85