Komunikasi Organisasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata : Studi Kasus Festival Lembah Ijen

Penulis

  • MARENDA YULI PRASETIYO
  • PUSPITA SARI SUKARDANI

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v2i1.30187

Abstrak

Instansi pemerintahan dan SKPD memiliki andil dalam pengembangan sektor pariwisata. Oleh karena itu, pengoptimalan sektor pariwisata Pemerintah Kabupaten Banyuwangi harus di tunjang dengan komunikasi organisasi yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi komunikasi organisasi pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan studi kasus festival lembah ijen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian yaitu bidang pemasaran Disbudpar, kepala bidang produk pariwisata Disbudpar, operasional Taman Gandrung Terakota dan Seniman. Pengambilan data di lapangan dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pendekatan khusus yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Pendekatan komunikasi organisasi tersebut lebih kearah penggunaan pendeketan tipe Human Resources sehingga menghasilkan bottom up tourism. Yakni festival dan produk kepariwisataan muncul dari masyarakat dan diteruskan kepada pemerintah daerah. Sehingga menghasilkan communication channel, communication content, communication direction dan communication style

Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Pengembangan Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-08-12

Cara Mengutip

YULI PRASETIYO, M., & SARI SUKARDANI, P. (2019). Komunikasi Organisasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata : Studi Kasus Festival Lembah Ijen. The Commercium, 2(1). https://doi.org/10.26740/tc.v2i1.30187

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 67 , PDF Downloads: 114