Penulis

  • ANIS EPITA SANTI
  • GILANG GUSTI AJI

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v2i2.30954

Abstrak

Kediri adalah salah satu kota terbesar nomor tiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Dalam menemukan identitasnya, Kota Kediri melakukan sebuah City Branding. City Branding adalah strategi dalam menemukan identitas kota untuk memperkenalkan kota kepada masyarakat luas. Dalam melakukan city branding, Kota Kediri memanfaatkan potensinya yaitu pendidikan, Jasa dan Perdagangan. Berdasarkan potensi tersebut maka Kota Kediri membentuk sebuah brand Harmoni Kediri : The Service City yang memiliki arti Kota Jasa dan Pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi city branding yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri dalam membentuk brand Harmoni Kediri : The Service City. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembentukan brand Harmoni Kediri : The Service City Pemerintah Kota Kediri menggunakan lima metode City Branding dari Mike Moser yaitu menentukan nilai merk inti kota, menentukan pesan merk inti kota, menentukan kepribadian yang inti, menentukan ikon merek kota dan perancangan peta jalan merk (Brand Roadmap).

Kata Kunci: City Branding, Strategi City Branding, Harmoni Kediri : The Service City

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-11-21

Cara Mengutip

EPITA SANTI, A., & GUSTI AJI, G. (2019). The Commercium, 2(2). https://doi.org/10.26740/tc.v2i2.30954

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 138 , PDF Downloads: 416