Studi Kasus Facebook ICB Sebagai Alat Advokasi Kebutuhan Pelayanan Adminduk Masyarakat Kabupaten Blitar Tahun 2018-2020
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v3i1.34604Abstrak
Penelitian ini membahas tentang tren advokasi kebijakan digital yang berhasil dilakukan oleh Facebook Info Cegatan Blitar (ICB). Hal ini dikarenakan untuk mencapai perubahan kebijakan publik dibutuhkan serangkaian proses yang sistematis baik secara online maupun offline. ICB merupakan organisasi non politik yang menjalankan fungsi kontrol sosial yang tidak dapat diintervensi lembaga pemerintahan sekalipun. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses advokasi yang dilakukan ICB terhadap kebijakan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) Kabupaten Blitar sejak tahun 2018. Subjek penelitian ini berjumlah lima informan dari berbagai latar belakang yang diwawancarai secara mendalam, selain itu peneliti melakukan observasi pada akun Facebook ICB. Penelitian ini memberi implikasi pada pergeseran kerangka konseptual advokasi media sosial pada teori media sosial tentang advokasi dan perubahan kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan, dalam mempengaruhi kebijakan pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, ICB melalui beberapa tahap strategis mulai dari critical awareness, building relationship, action, policy priorities shift dan controlling. Tindakan pengurus ICB sebagai advokator berhasil mempengaruhi kebijakan pelayanan adminduk yang diwujudkan dengan empat program baru serta upaya perbaikan keterbukaan informasi publik mengenai persyaratan pengurusan adminduk. ICB memiliki kekuatan sekaligus strategi tekanan publik atau disebut people power yang memberikan efek desakan kepada pembuat kebijakan. Untuk peneliti selanjutnya yang ingin meneliti mengenai advokasi kebijakan melalui media sosial, agar meneliti jenis media sosial lain seperti Twitter di lingkup negara Indonesia, karena setiap platform memiliki karakteristik serta keunikan tersendiri disamping itu, proses maupun pola advokasi yang terjadi akan juga berbeda.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2020-06-22
Cara Mengutip
CHRISTANTY, N., & MUTIAH. (2020). Studi Kasus Facebook ICB Sebagai Alat Advokasi Kebutuhan Pelayanan Adminduk Masyarakat Kabupaten Blitar Tahun 2018-2020. The Commercium, 3(1). https://doi.org/10.26740/tc.v3i1.34604
Terbitan
Bagian
Articles

