ANALISIS HIPERREALITAS PADA FILM ROGUE ONE: A STAR WARS STORY (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE)

Penulis

  • Aulia Rahma Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v4i3.42279

Abstrak

Pada zaman saat ini peranan media massa memiliki pengaruh yang bisa dikatakan begitu kuat dengan kehidupan sekarang. Film termasuk salah satu bagian dari media massa. Film termasuk salah satu bagian dari media massa yang memiliki unsur kekuatan dalam mengonstruksi masyarakat khalayak dengan melalui simbol-simbol yang ditampilkan pada setiap scene serta didukung juga oleh kemajuan teknologi dan sains, selain mengonstruksi makna, film juga memiliki kekuatan dalam memanipulasi realitas, hal ini dapat disebut dengan hiperrealitas. Objek film yang digunakan dalam penelitian ini merupakan film Rogue One: A Star Wars Story (2016). Film tersebut termasuk film dengan genre fiksi ilmiah yang merupakan gambaran dari fenomena hiperrealitas yang dicetuskan oleh Jean Baudrillard. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif menggunakan metode analisis semiotika John Fiske yang disebut dengan kode-kode televisi. Setelah itu ditafsirkan tanda yang sudah terurai dengan metode teori hiperrealitas yang dipopulerkan oleh filsuf postmodern, Jean Baudrillard. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hiperrealitas yang terdapat pada film Rogue One: A Star Wars Story tergambar secara jelas dibuktikan dengan menampilkan fantasi dengan kecanggihan transportasi dan teknologi, kekuatan super yang ditampilkan, serta realitas dan fakta yang terdapat pada film dapat menghasilkan sebuah simulasi dan nantinya akan keserap menjadi sebuah hiperrealitas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-07-27

Cara Mengutip

Rahma, A. (2021). ANALISIS HIPERREALITAS PADA FILM ROGUE ONE: A STAR WARS STORY (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE). The Commercium, 4(3), 31–38. https://doi.org/10.26740/tc.v4i3.42279

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 540 , PDF Downloads: 425