STRATEGI KOMUNIKASI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 3 KOTA BEKASI)

Penulis

  • Fajar Rizki Mulyana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v5i1.43660

Abstrak

Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak pada berbagai sektor di Indonesia. Pada sektor pendidikan, pemerintah memutuskan untuk mengalihkan pembelajaran secara daring dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Dengan adanya kebijakan ini, guru harus menyusun strategi komunikasi agar pembelajaran secara daring dapat berjalan secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan guru SMKN 3 Kota Bekasi dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara langsung dan juga observasi. Wawancara dilakukan kepada guru mata pelajaran produktif tiap program studi, dan observasi dilakukan di kelas daring yang diadakan tiap jurusan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan guru SMKN 3 Kota Bekasi dalam penerapan pembelajaran daring adalah sebagai berikut: (1) Menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan pesan dalam kelas daring yang diadakan di aplikasi edukasi, seperti zoom dan google meet. (2) Menggunakan media video dan PPT untuk membantu proses pembelajaran. (3) Berdiskusi dengan siswa sebelum dan sesudah kelas sebagai bentuk interaksi. (4) Melaksanakan ulangan atau kuis sebagai penilaian pembelajaran melalui saluran komunikasi elektronik, seperti google form dan quiziz.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-12-06

Cara Mengutip

Mulyana, F. R. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 3 KOTA BEKASI). The Commercium, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.26740/tc.v5i1.43660

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 110 , PDF Downloads: 225