Pengaruh Aktivasi Merek Melalui Instagram @Msglowbeauty Terhadap Keterlibatan Reseller Pada Produk MS.Glow

Penulis

  • Deby Nur Winda Sari Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v5i1.43704

Abstrak

Kehadiran media sosial mendatangkan manfaat bagi pelaku bisnis produk kecantikan dalam melaksanakan strategi aktivasi merek. Aktivasi merek dilakukan melalui penggunaan konten yang dapat meningkatkan hubungan antara merek dengan pelanggan, sehingga suatu perusahaan mampu membangun kemitraan dengan mengajak pelanggan loyalnya menjadi reseller. Hal serupa juga dilakukan oleh pemilik brand MS.Glow melalui akun instagramnya yaitu @msglowbeauty, di mana strategi aktivasi mereknya secara tidak sengaja menumbuhkan keterlibatan reseller terhadap produk MS.Glow. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan antara aktivasi merek melalui instagram @msglowbeauty terhadap keterlibatan reseller pada produk MS.Glow. Berdasarkan konsep dari keterlibatan pelanggan, keterlibatan reseller dimaknai sebagai suatu proses yang melibatkan aktivitas kognitif, emosional dan perilaku yang ditunjukkan oleh seorang reseller melalui interaksi dengan merek seperti pembelian, penggunaan atau penjualan kembali produk. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Teknik sampling menggunakan jenis purposive sampling dengan jumlah 100 responden yang diidentifikasi sebagai reseller MS.Glow di Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Spearman Rank Correlation diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,740 dan angka signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh sebab itu, dapat dinyatakan bahwa aktivasi merek melalui instagram @msglowbeauty berpengaruh secara signifikan terhadap keterlibatan reseller pada produk MS.Glow.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-12-10

Cara Mengutip

Sari, D. N. W. (2021). Pengaruh Aktivasi Merek Melalui Instagram @Msglowbeauty Terhadap Keterlibatan Reseller Pada Produk MS.Glow. The Commercium, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.26740/tc.v5i1.43704

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 336 , PDF Downloads: 2490