PEMAKNAAN BRAND CHINA (Studi Fenomenologi Pada Millennial Pengguna Mobil Wuling di Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v5i1.44485Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang pemaknaan informan mengenai sebuah merek yang berasal dari negara tertentu. Tujuan penelitian ini diadakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku atau fenomena yang ada di masyarakat khususnya warga surabaya tentang persepsi atau pandangan generasi millenial terhadap sebuah merek otomotif baru asal negara China yang bernama Wuling di Indonesia. Latar belakang penelitian ini dilakukan adalah maraknya pengguna mobil Wuling di kota Surabaya, mengingat dahulu stereotipe citra negara China pada aspek kualitas produk cenderung negatif. Oleh karena itu peneliti tertarik mengetahui latar belakang pengguna mengkonsumsi merek Wuling dan bagaimana persepsi mereka terhadap merek Wuling dan negara China saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi partisipan, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang didapatkan dari proses wawancara informan menunjukkan bahwa strereotipe negatif tentang negara China yang terkenal dengan produk-produk tiruan dengan harga dan kualitas rendah sudah mulai terkikis seiring berjalannya waktu dan upaya China untuk memperbaikinya, salah satunya dengan menghadirkan produk Wuling hingga konsumen memiliki perspektif serta pemaknaan positif terhadap Wuling dan negara China. Kata kunci : Citra Merek, Country of Origin, Perilaku KonsumenUnduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2022-01-17
Cara Mengutip
Yuniar, A. M. (2022). PEMAKNAAN BRAND CHINA (Studi Fenomenologi Pada Millennial Pengguna Mobil Wuling di Surabaya). The Commercium, 5(1), 68–82. https://doi.org/10.26740/tc.v5i1.44485
Terbitan
Bagian
Articles

