Fenomenologi Mahasiswa Membangun Bisnis Online
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v5i1.44739Abstrak
Bisnis online atau bisnis yang menggunakan jaringan dalam penggunaannya yang sekarang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena memberikan banyak kemudahan dan keuntungan di dalamnya. Bisnis online juga banyak diminati oleh mahasiswa dalam rangka untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah maupun ingin menyampaikan ide-ide di dalam bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja motif, pengalaman, dan bagaimana mereka memaknai membangun bisnis online ketika masih menjadi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dengan jenis penelitian kualitatif dan pengambilan narasumber terbagi menjadi tiga orang. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara serta observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya proses pemaknaan, terdapat motif dan pengalaman tersendiri bagi narasumber yang melatar belakangi pemaknaan. ada dua motif yang dimiliki narasumber yaitu motif karena (because motive) sudah memiliki skill, ingin memanfaatkan suatu hal, berawal dari hobi. motif untuk (in order to motive) agar tidak susah untuk mencari pekerjaan, bisa konsisten dalam mengembangkan bisnis, dan membuat suatu hal yang baru. Pengalaman komunikasi bagi ketiga narasumber antara lain mendapatkan suatu hal yang baru, mendapatkan banyak koneksi, mengetahui cara membangun brand awareness dan memasarkan produk, serta mendapatkan kepuasan konsumen. Setelah adanya motif dan pengalaman, pemaknaan dapat tercipta. Pemaknaan membangun bisnis onlinenya adalah tantangan untuk terjun dalam dunia bisnis, membuat diri menjadi semakin produktif, sebagai perjuangan untuk mandiri, sebagai pengembangan diri, berkomitmen dan bertanggung jawab atas bisnis yang telah dibangun dan sebagai sebuah jalan untuk meraih cita-citanya. Kata kunci: Mahasiswa Wirausaha, Fenomenologi, Bisnis OnlineUnduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2022-01-24
Cara Mengutip
Huda, D. F., & , S.Sos., M.I.Kom., M. (2022). Fenomenologi Mahasiswa Membangun Bisnis Online. The Commercium, 5(1), 114–123. https://doi.org/10.26740/tc.v5i1.44739
Terbitan
Bagian
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 327
,
PDF Downloads: 387