RESEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PROGRAM GURUKU SBO TV

Penulis

  • THERESIA ANDICKY SEKARSARI ILMU KOMUNIKASI UNESA

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.45452

Abstrak

Guruku SBO TV membantu siswa Sekolah Dasar di Surabaya agar lebih memahami materi secara langsung dengan melihat tayangan yang menjadi perantara antara guru dan Dispendik Kota Surabaya dengan siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan pesan guru SD terhadap program Guruku SBO TV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode analisis resepsi audiens. Penelitian menggunakan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan jika ada dua kategori audiens dalam penerimaan pesan Guruku SBO TV yaitu audiens dominan sebanyak 2 informan dan audiens negosiasi ada 6 informan. Poin penerimaan pesan pada posisi dominan ada 5 dan ada 3 poin penerimaan pesan pada posisi negosiasi. 4 poin yang disepakati informan antara lain; 1) penyaji Guruku sudah bagus atau baik, 2) memenuhi kebutuhan akses belajar pendidikan tingkat SD selama pandemi di Surabaya, 3) mudah diakses, 4) berdoa sebagai nilai religius dan bernyanyi sebagai apersepsi. Guruku bagus dan menarik serta memiliki kontribusi terhadap penyampaian materi yang terkendala karena sekolah daring. Penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu kajian untuk penelitian lain tentang siaran televisi pendidikan kerjasama Departemen pendidikan nasional terutama selama masa pandemi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-03-14

Cara Mengutip

SEKARSARI, T. A. (2022). RESEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PROGRAM GURUKU SBO TV. The Commercium, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.45452

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 185 , PDF Downloads: 143