Konsep Diri Generasi Milenial Pelaku Minimalism Lifestyle
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.46325Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri generasi milenial yang menerapkan Minimalism Lifestyle menggunakan perspektif komunikasi dengan melihat bagaimana Generasi Milenial Pelaku Minimalism Lifestyle mengomunikasikan dirinya sesuai dengan teori konsep diri dan interaksi simbolik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dimana peneliti melihat keadaan sosial sebagai sebuah analisis sistematis. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor internal dalam pembentukan konsep diri generasi milenial pelaku Minimalism Lifestyle yang terdiri dari pengetahuan diri, harapan diri dan evaluasi diri sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Begitu pula dengan faktor eksternal dalam pembentukan konsep diri generasi milenial pelaku Minimalism Lifestyle, yaitu orang lain dan kelompok rujukan juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi dimana para pelaku Minimalism Lifestyle saling terhubung dengan sesamanya di dunia virtual. Konsep diri yang terbentuk yaitu karakteristik konsep diri hidup lebih fungsional, bertanggung jawab, dan terbuka akan hal baru. Kata Kunci : Konsep diri, Minimalism Lifestyle, MilenialUnduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2022-05-30
Cara Mengutip
Azizah, R. W. (2022). Konsep Diri Generasi Milenial Pelaku Minimalism Lifestyle. The Commercium, 5(2), 33–43. https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.46325
Terbitan
Bagian
Artikel Ilmiah IKOM

