MITOS MALE BEAUTY STANDRAD DALAM IKLAN MS GLOW MEN VERSI BABE CABITA DAN MARSHEL WIDIANTO DI INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.47071Abstrak
Abstrak Konsep male beauty standard merupakan konsep mengenai standar ketampanan yang telah dipercaya masyarakat Indonesia untuk dilabelkan kepada kaum laki-laki. Konsep male beauty standard tidak pernah jauh dari ciri fisik yang dianggap pantas untuk dihargai maupun dikagumi. Dalam penelitian ini, konsep male beauty standard yang menjadi perhatian penulis adalah yang terkandung dalam iklan MS Glow Men Versi Babe Cabita dan Marshel Widianto di Instagram. Di mana iklan tersebut melakukan klaim telah menciptakan konsep male beauty standard baru yang tidak menghakimi pria dengan ciri fisik apapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mitos konsep male beauty standard yang ada dalam iklan skincare MS Glow versi Babe Cabita dan Marshel Widianto. Dengan begitu penulis akan mengetahui kebenaran klaim yang dilakukan oleh MS Glow For Men melalui iklan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan data dikumpulkan menggunajan metod semiotika Roland Barthes. Di mana terdapat tiga aspek penandaan yaitu denotasi, konotasi, dan mitos untuk menganalisa unsur yang tidak pernah disadari dalam iklan skincare MS Glow versi Babe Cabita dan Marshel Widianto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan MS Glow Men Versi Babe Cabita dan Marshel Widianto di Instagram hanya menggeser makna konsep male beauty standard bahwa jika tidak dapat memenuhi satu standar maka terdapat standar lain yang harus dipenuhi. Sebab masih terdapat unsur hegemoni dalam iklan tersebut dengan mempromosikan manfaat skincare MS Glow Men yang salah satunya dapat memutihkan kulit. Kata kunci: Male Beauty Standard, Iklan MS Glow Men Versi Babe Cabita dan Marshel Widianto, Semiotika Roland Barthes, Hegemoni.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2022-06-23
Cara Mengutip
Sayekti, E. K. (2022). MITOS MALE BEAUTY STANDRAD DALAM IKLAN MS GLOW MEN VERSI BABE CABITA DAN MARSHEL WIDIANTO DI INSTAGRAM. The Commercium, 5(2), 78–84. https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.47071
Terbitan
Bagian
Articles

