Konsep Diri Influencer Muslimah Urban dalam Penggunaan Hijab Turban

Penulis

  • Dara Shabirah Putri Prihantono Universitas Negeri Surabaya
  • Awang Dharmawan, S.I.Kom., M.A. Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.47430

Abstrak

Influencer Muslimah pada masyarakat urban merupakan fenomena baru dimana media sosial menjadi wadah untuk membagikan konten keseharian yang kemudian dinikmati oleh para pengikut. Dengan karakter internet yang mudah digunakan ini menjadikan para influencer sebagai sarana untuk mencari inspirasi mode dalam kreasi hijab, terlebih hijab turban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana latar belakang sosial serta individu seorang Influencer muslim urban dalam mempengaruhi terbentuknya konsep diri dalam individu. Dengan menggunakan metode fenomenologi dan jenis penelitian kualitatif. Peneliti melakukan pengamatan dan wawancara berdasarkan data yang diperoleh dari sumber data primer yaitu, influencer muslim urban pengguna hijab turban. Kemudian menganalisis temuan data dengan teori konsep diri. Hasil temuan dari penelitian menunjukkan bahwa setiap influencer memiliki suatu alasan yang terbentuk atas faktor keluarga serta kebutuhan dalam memilih menggunakan hijab turban. Dengan perbedaan beberapa latar belakang oleh influencer yaitu mahasiswa, musisi, creative agency staff, dan fashion stylist membuat terbentuknya konsep diri influencer lebih bervariatif. Melalui pernyataan keempat informan pula ditemukan bahwa informan cenderung menormalisasi penyimpangan penggunaan hijab melalui varian turban dengan alibi bahwa mereka mengadaptasi adanya perubahan fashion yang modern. Hal ini disinyalir karena para informan yang merupakan mikro influencer ini tidak dapat membendung arus modernitas dalam perkembangan fashion. Terlebih menjadi influencer tentunya dituntut untuk tampil menarik di sosial media. Sehingga tanpa sadar, proses terbentuknya konsep diri terjadi secara sendirinya dan terjadi secara alamiah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Prihantono, D. S. P., & Dharmawan, S.I.Kom., M.A., A. (2022). Konsep Diri Influencer Muslimah Urban dalam Penggunaan Hijab Turban. The Commercium, 5(2), 123–137. https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.47430

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 257 , PDF Downloads: 488