Strategi Komunikasi Pemasaran Langen Kusuma dalam Memepertahankan Eksistensi di Masa Pandemi Covid-19.
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.47756Abstrak
Penelitian ini mengulas tentang bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh padepokan sanggar tari Langen Kusuma dalam mempertahankan eksistensinya di masa pandemi Covid-19. Dalam penelitian terdahulu membuktikan bahwa strategi komunikasi pemasaran merupakan hal penting dalam menunjang keberlangsungan dan keberadaan sanggar kedepannya. Dengan menggunakan metode studi kasus dan jenis penelitian kualitatif. Pada penelitian ini, melakukan pengamatan dan wawancara berdasarkan data yang diperoleh dari sumber data primer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sanggar tari Langen Kusuma menerapkan manajemen dan strategi komunikasi pemasaran dalam pelaksanaannya. Beberapa tahapan fungsi manajemen yang diterapkan adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Penerapan strategi komunikasi pemasaran menjadi landasan utama bagi padepokan sanggar tari Langen Kusuma untuk mempertahankan eksistensinya melalui aktivitas baru di masa pandemi Covid-19 berupa iklan dan promosi pada media sosial, mengadakan lomba tari ganong virtual se-Indonesia, mengadakan pagelaran ujian akhir kelulusan dengan platform youtube secara live streaming, serta menjalin kolaborasi dengan media telivisi. Sanggar tari Langen Kusuma terus berupaya dalam mengembangkan strategi dan inovasi baru dengan fasilitas yang ditawarkan dan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Sanggar Tari Langen Kusuma, Eksistensi.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2022-07-06
Cara Mengutip
Ekasari, I. D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Langen Kusuma dalam Memepertahankan Eksistensi di Masa Pandemi Covid-19. The Commercium, 5(2), 200–217. https://doi.org/10.26740/tc.v5i2.47756
Terbitan
Bagian
Artikel Ilmiah IKOM

