STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PROSES PEMBERDAYAAN EKONOMI

(STUDI KASUS DEWAN PIMPINAN CABANG SERIKAT BURUH MIGRAN INDONESIA, KABUPATEN MALANG)

Penulis

  • Naha Navisa UNESA

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.47991

Abstrak

Malang merupakan salah satu kabupaten dengan jumlah penempatan pekerja migran terbanyak di Jawa Timur bahkan sempat menduduki tingkat nasional. Melihat kondisi itu, SBMI hadir untuk memperjuangkan pelindungan PMI di sana. Pelindungan tidak hanya tentang hukum, tapi juga ekonomi yang menjadi fokus utama saat ini. Melalui suatu sistem koordinasi berupa strategi komunikasi organisasi, DPC Kabupaten Malang telah berhasil membangun pemberdayaan ekonomi mereka. Contohnya ke dalam bentuk fisik yaitu SBMI Mart. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Strategi Komunikasi Organisasi dalam Proses Pemberdayaan Ekonomi dengan studi kasus DPC SBMI Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Melalui proses wawancara dan observasi, hasilpun menunjukkan strategi yang digunakan yaitu mulai dari penanaman nilai sejarah, pendirian SBMI Mart, identifikasi khalayak, pesan sederhana, dan fleksibilitas penyaluran pesan. Secara teoritis dan praktis, penelitian ini dapat digunakan sebagai pijakan baik penelitian selanjutan maupun berbagai pihak pemangku kepentingan lain untuk membuka kepedulian terhadap pengembangan potensi buruh migran di masa depan. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Organisasi, Pemberdayaan Ekonomi, SBMI

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-07-08

Cara Mengutip

Navisa, N. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PROSES PEMBERDAYAAN EKONOMI: (STUDI KASUS DEWAN PIMPINAN CABANG SERIKAT BURUH MIGRAN INDONESIA, KABUPATEN MALANG). The Commercium, 5(3), 13–19. https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.47991

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 167 , PDF Downloads: 201