Strategi Rebranding Trimurti Senior High School Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Modern

Penulis

  • Nawang Iman Santosa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.48256

Abstrak

Dengan adanya perubahan zaman dan karakteristik peserta didik generasi Z, sekolah perlu berinovasi menjawab tantangan zaman di era modern seperti sekarang. Oleh karena itu SMA Trimurti melakukan rebranding menjadi Trimurti Senior High School untuk meningkatkan citra baru sebagai sekolah yang lebih modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi rebranding yang dilakukan Trimurti dalam meningkatkan citra sekolah modern. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Trimurti Senior High School telah melakukan rebranding secara totalitas sesuai dengan empat tahap, yaitu repositioning, renaming, redesign dan relaunching. Dalam melakukan rebranding keempat tahapan tersebut saling berkesinambungan dan mendukung satu sama lain untuk menciptakan citra baru yang diinginkan brand. Penerapan keempat tahap rebranding tersebut antara lain: menghadirkan program pembelajaran baru 5D Learning Method yang memanfaatkan teknologi digital, adanya kelas internasional ASUPD yang bekerja sama dengan Arizona State University, perubahan pada nama sekolah ke dalam Bahasa Inggris, perubahan visual secara keseluruhan dengan konsep desain yang modern dan minimalis, peresmian kembali brand dengan mengadakan acara besar, hingga strategi promosi melalui media sosial dan open house.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-07-11

Cara Mengutip

Santosa, N. I. (2022). Strategi Rebranding Trimurti Senior High School Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Modern. The Commercium, 5(3), 79–89. https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.48256

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 125 , PDF Downloads: 224