STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR SAIM (SEKOLAH ALAM INSAN MULIA) SURABAYA PADA PEMBELAJARAN DARING PANDEMI COVID 19

Penulis

  • Muhammad Zufar Mimbar Alamsyah UNESA

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.48926

Abstrak

Pandemi covid 19 menjadikan dunia pendidikan menjadi pembelajaran daring. Sekolah SAIM yang mengusung konsep integrated, joyful dan cooperative learning dimana seharusnya pembelajaran menjadi maksimal ketika tatap muka, maka harus terbiasa dengan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi yang dilakukan guru sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya dalam menerapkan konsep integrated, joyful dan cooperative learning dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SAIM yang memiliki 3 konsep pembelajaran yaitu integrated, joyful dan cooperative learning dimana ketiga konsep tersebut digunakan selama pembelajaran tatap muka juga digunakan pada saat pembelajaran daring. Hanya saja 3 konsep tersebut terdapat perbedaan pada prosesnya. Perbedaan tersebut mengarah pada cara dan media yang digunakan dengan memodifikasi dan menuntut para guru untuk lebih kreatif dan komunikatif dalam praktik 3 konsep pembelajarannya. Selain itu peran orang tua juga menjadi lebih besar karena pembelajaran yang tidak bisa dilaksanakan di sekolah melainkan di rumah, sehingga dibutuhkan komunikasi yang lebih intens antara wali murid dengan guru untuk perkembangan siswanya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Alamsyah, M. Z. M. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR SAIM (SEKOLAH ALAM INSAN MULIA) SURABAYA PADA PEMBELAJARAN DARING PANDEMI COVID 19. The Commercium, 5(3), 305–312. https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.48926

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 146 , PDF Downloads: 111