PEMAKNAAN DAN MOTIF PESERTA VIRTUAL BLIND DATE DALAM RUANG KOMUNIKASI VIRTUAL @VIRTUALBLINDDATE
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.49054Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan dan motif peserta virtual blind date dalam ruang komunikasi virtual @virtualblinddate. Penelitian ini dianalisis menggunakan perspektif komunikasi dan teori fenomenologi Alfred Schutz untuk melihat pengalaman peserta saat mengikuti virtual blind date. Sebagai penelitian kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi, penelitian ini menggunakan Paradigma Konstruktivisme, yaitu paradigma yang melihat keadaan sosial sebagai sebuah analisis sistematis. Pengumpulan data didapatkan dari hasil wawancara mendalam kepada beberapa peserta yang sesuai dengan kriteria informan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa latar belakang keikutsertaan peserta mengikuti virtual blind date dikelompokkan menjadi dua, yakni motif tujuan (in order to) atau motif utama dan motif sebab (because of) atau motif pendukung. Proses kencan virtual blind date terjadi di ruang virtual, pertemuan dan interaksi antarpeserta terjadi secara langsung bermediakan perangkat dan bersifat anonim. Beberapa pemaknaan yang yang dibentuk peserta setelah mengikuti aktivitas virtual blind date yaitu virtual blind date sebagai media mencari pasangan, virtual blind date sebagai media mencari teman, virtual blind date sebagai media membangun relasi, dan virtual blind date sebagai media untuk memperbanyak pengalaman. Kata kunci: Pemaknaan, Motif, Virtual Blind Date, Fenomenologi.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2022-08-12
Cara Mengutip
Anffani, Y. A., & Aji, G. G. (2022). PEMAKNAAN DAN MOTIF PESERTA VIRTUAL BLIND DATE DALAM RUANG KOMUNIKASI VIRTUAL @VIRTUALBLINDDATE. The Commercium, 5(3), 313–322. https://doi.org/10.26740/tc.v5i3.49054
Terbitan
Bagian
Artikel Ilmiah IKOM

