Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Album Fisik (Studi Pada Komunitas Carat di Surabaya)

Penulis

  • Qurrota A'yun Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v6i2.51610

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh content marketing terhadap keputusan pembelian album fisik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penggemar boygroup Seventeen yang tergabung dalam Komunitas Carat di Surabaya. Sampel dalam penelitian ini adalah 152 anggota Komunitas Carat di Surabaya yang diambil menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan paradigma positivistik. Paradigma positivistik dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat dalam sebuah fenomena sosial. Pengumpulan data didapatkan dari penyebaran angket atau kuisioner yang disebar pada penggemar boygroup Seventeen yang tergabung dalam komunitas Carat di Surabaya. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji daya beda item dengan Pearson Product Moment. Uji reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach, instrumen skala content marketing memiliki nilai reliabilitas sebesar 1,027 dan skala keputusan pembelian memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,871. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa content marketing memiliki pengaruh sebesar 0,350 atau 35% terhadap keputusan pembelian album fisik. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara content marketing terhadap keputusan pembelian album fisik pada Komunitas Carat di Surabaya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan literasi dan referensi terkait pengetahuan content marketing yang merupakan bagian dari komunikasi pemasaran pada mahasiswa, instansi dan perguruan tinggi, maupun masyarakat umum. Kata Kunci: Content Marketing, Keputusan Pembelian, Album Fisik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-03-28

Cara Mengutip

A’yun, Q. (2023). Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Album Fisik (Studi Pada Komunitas Carat di Surabaya). The Commercium, 6(2), 133–149. https://doi.org/10.26740/tc.v6i2.51610

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 241 , PDF Downloads: 447