PERAN COMMUNITY MARKETING DALAM MENUMBUHKAN VALUE CO-CREATION PADA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS TEMAN BICARA)
(STUDI KASUS PADA KOMUNITAS TEMAN BICARA)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.58942Kata Kunci:
Community Marketing, Co-Creation, Komunitas, Perusahaan.Abstrak
Berkembangnya era digital semakin penting bagi sebuah perusahaan memiliki stakeholder yang mampu
mendorong penjualan produk atau jasanya. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan komunitas sebagai
salah satu cara dalam melakukan praktik penjualan. Namun membentuk sebuah komunitas agar dapat
berperan dalam proses penjualan juga membutuhkan strategi di dalamnya. Komunitas Teman Bicara
merupakan komunitas yang terbentuk secara organic dan dinilai perusahaan yang merawatnya dapat
menumbuhkan value melalui karya-karya yang dibuat. Hal ini juga disebut dengan value co-creation.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran community marketing menumbuhkan value cocreation pada PT. Sinergi Bicara Indonesia melalui Komunitas Teman Bicara. Jenis penelitian ini adalah
deksriptif kualitatif menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan bahwa dalam Komunitas Teman
Bicara terbentuk kedekatan secara emosional yang dibentuk oleh perusahaan. Mengadakan kegiatan rutin
yang dibuat oleh komunitas bersama perusahaan menjadi salah satu cara untuk dapat menjadi komunitas
yang dinilai berperan menumbuhkan value co-creation.
Unduhan
Referensi
Ardianto, E. d. (2013). Consumunity Marketting : Strategi
Pemasaran Berbasis Komunitas. Jakarta:
Prasetya Mulya Publishing.
Budiman, H. G., & Sofianto, K. (2018). Representasi Sipil
Militer dan Representasi Maskulinitas Pada Film
Jendral Soedirman. Paradigma Jurnal Kahian
Budaya Vol.8 No.2, 155-173.
Buornincontri, p. M. (2017). Managing the experience cocreation process in tourism destination: Emprical
finding from Naples. Tourism Management, 264-
277.
Kotler, P. (2000). Marketing Management, Millenium
Edition. Marketing Management, 188-193.
O'Guinn, M. a. (2001). Brand Community. Journal Of
Consumer Research, 27(4), 412-32.
Prahalad, C. d. (2004). Co-Creation Experiences : The
Next Practice in Value Creation. Wiley
Interscience, 13 (3), 5-14.
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian
Kualikatif. Studi kasus dalam penelitian
kualikatif: konsep dan prosedurnya, 3.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, R&D. Bandung: IKAPI.
sukmadinata. (2005). pendektan, jenis, dan metode
penelitian pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Yunus. (2010). Metode Penelitian Wilayah Kontemporer.
Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Yusuf. (2014). Meode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif &
Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia
Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 78
,
PDF Downloads: 70