STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HIJAU PADA HALO IJO DALAM UPAYA MENDUKUNG KAMPANYE RAMAH LINGKUNGAN KEPADA KONSUMEN

Penulis

  • Wikan Putra Pamungkas Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Aisyiyah Rachma Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.59921

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Kampanye, Green Marketing

Abstrak

Polusi udara adalah suatu isu yang melekan dengan masyarakat, karena dalam berkegiatan masyarakat masih menggunakan kendaraan bermotor. Yang mana mengeluarkan gas buang (emisi), asap buang tersebut bersifat karsinogenik. Dengan membawa isu lingkungan melahirkan konsep green marketing bagi Halo Ijo sebagai jasa pengiriman barang (logistik) yang ramah akan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui strategi komunikasi pemasaran pada jasa Halo Ijo dalam upaya mendukung kampanya ramah ingkungan kepada konsumen, serta mengetahu apa saja yang dapat menghambat strategi green marketing pada jasa Halo Ijo dalam upaya mendukung kampanye ramah lingkungan kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan melakukan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan mengakumilasi data melalui wawancara narasumber dan observasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah founder Halo Ijo dan dua kurir Halo Ijo. Teori yang digunakan penelitian ini adalah Teori oleh Kotler yang menjelaskan kegiatan dasar pembauran pemasaran yaitu; Public Relation, Advertising, Sales Promotion, dan Personal selling. Hasil dari menggunakan ke-empat kegiatan dasar dari pembauran pemasaran melalui media online dan kegiatan yang Halo Ijo lakukan dalam upaya kampanye ramah lingkungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-05-30

Cara Mengutip

Pamungkas, W. P., & Rachma, P. A. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HIJAU PADA HALO IJO DALAM UPAYA MENDUKUNG KAMPANYE RAMAH LINGKUNGAN KEPADA KONSUMEN. The Commercium, 8(2), 12–25. https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.59921

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 114 , PDF Downloads: 68