POLA KOMUNIKASI LM WEDDING PLANNER & EVENT ORGANIZER DALAM MENJALIN RELASI BISNIS DENGAN VENDOR

Penulis

  • Angelia Devi Syifa'urrahmah Universitas Negeri Surabaya
  • Puspita Sari Surkadani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.61911

Kata Kunci:

pola komunikasi, Wedding Planner & Event Organizer, vendor

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi LM Wedding Planner & Event Organizer dalam
menjalin relasi bisnis dengan vendor. Subjek penelitian ini terdiri dari enam informan antara lain LM Wedding
Planner & Event Organizer dan vendor yang menjalin kerjasama bisnis yaitu Laksmi Muslimah, Niko Eco
Catering, Eden Design dan juga kedua klien LM Wedding Planner & Event Organizer. Peneliti menggunakan
metode kualitatif dan menganalisis menggunakan data reduction, data display dan conclusion drawing. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Pola komunikasi yang terjadi dalam masing-masing yakni tim LM Wedding
Planner & Event Organizer dan vendor-vendor mencakup pola komunikasi dengan jaringan komunikasi saluran
formal atas-bawah, bawah-atas, dan horizontal. Lebih lanjut, LM Wedding Planner & Event Organizer
menggunakan model komunikasi bisnis interaksional untuk berinteraksi dengan vendor, sementara vendor juga
menggunakan model komunikasi yang sama yakni komunikasi bisnis interaksional untuk berinteraksi dengan
LM Wedding Planner & Event Organizer.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-07-05

Cara Mengutip

Syifa’urrahmah, A. D., & Surkadani, P. S. (2024). POLA KOMUNIKASI LM WEDDING PLANNER & EVENT ORGANIZER DALAM MENJALIN RELASI BISNIS DENGAN VENDOR. The Commercium, 8(2), 98–111. https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.61911

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 86 , PDF Downloads: 273