inggris
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.62823Kata Kunci:
inggrisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi konsumen terhadap live
streaming di akun hewan dan tanaman TikTok Shop. Media sosial TikTok menjadi
salah satu platform yang paling diminati oleh pengg
una di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang menempati peringkat kedua dalam
jumlah pengguna setelah Amerika. TikTok Shop merupakan sebuah fitur inovatif
baru di Indonesia dengan memberikan peluang bisnis bagi pengusaha untuk
mempromosikan produk mereka. Namun, regulasi yang ketat terhadap penjualan
hewan dan tanaman di TikTok Shop menimbulkan tantangan bagi pemilik usaha. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana konsumen merespon dan
menginterpretesikan konten yang disajikan oleh penjual dalam live streaming
TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif analisis resepsi
dengan model AIDA dan teori komunikasi persuasif. Hasil dari penelitian ini yaitu
konsumen pada TikTok berada di posisi dominan meskipun regulasi yang ketat, namun merasa setuju dengan kebijakan tersebut. Adapun konsumen yang berada di
posisi negoisasi, konsumen merasa ragu akibat regulasi pada TikTok, akan tetapi
konsumen merasa yakin setelah melakukan interaksi terhadap penjual melalui live
streaming penjualan
Unduhan
Referensi
Utamanyu. (2022). Budaya Belanja
Online Generasi Z dan Generasi
Milenial di Jawa Tengah. Universitas
Kristen Satya Wacana. Kotler, Philip. 2005. Manajemen
Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT
Indeks Kelompok Gramedia. Riswandi. (2002). Regulasi Hukum
dalam Tranksasksi E-Commerce. Universitas Islam
Indonesia. Hidayah N. (2018). Analisis Strategi
Digital Marketing Dalam Membantu
Penjualan Living Space Dan Efo
Store. Fakultas Psikologi dan Ilmu
Sosial Budaya. Universitas Islam
Indonesia. Yogyakarta. Miles, M.B & Huberman A.M. 1984, Analisis Data Kualitatif. Terjemahan
oleh Tjetjep
Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta :
Penerbit Universitas Indonesia.
Moleong , L.J. 2011. Metodologi
Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Kotler, P., & Gary Armstrong, 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi
2.Jilid 1. Terjemahan Bob Sebran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Phillip dan Kevin Lane
Keller.(2016). Manajemen Pemasaran
edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

