inggris

Penulis

  • Rosyada Dinda Aulia Universitas Negeri Surabaya
  • Herma Retno Prabayanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.62823

Kata Kunci:

inggris

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi konsumen terhadap live
streaming di akun hewan dan tanaman TikTok Shop. Media sosial TikTok menjadi
salah satu platform yang paling diminati oleh pengg
una di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang menempati peringkat kedua dalam
jumlah pengguna setelah Amerika. TikTok Shop merupakan sebuah fitur inovatif
baru di Indonesia dengan memberikan peluang bisnis bagi pengusaha untuk
mempromosikan produk mereka. Namun, regulasi yang ketat terhadap penjualan
hewan dan tanaman di TikTok Shop menimbulkan tantangan bagi pemilik usaha. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana konsumen merespon dan
menginterpretesikan konten yang disajikan oleh penjual dalam live streaming
TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif analisis resepsi
dengan model AIDA dan teori komunikasi persuasif. Hasil dari penelitian ini yaitu
konsumen pada TikTok berada di posisi dominan meskipun regulasi yang ketat, namun merasa setuju dengan kebijakan tersebut. Adapun konsumen yang berada di
posisi negoisasi, konsumen merasa ragu akibat regulasi pada TikTok, akan tetapi
konsumen merasa yakin setelah melakukan interaksi terhadap penjual melalui live
streaming penjualan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Utamanyu. (2022). Budaya Belanja

Online Generasi Z dan Generasi

Milenial di Jawa Tengah. Universitas

Kristen Satya Wacana. Kotler, Philip. 2005. Manajemen

Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT

Indeks Kelompok Gramedia. Riswandi. (2002). Regulasi Hukum

dalam Tranksasksi E-Commerce. Universitas Islam

Indonesia. Hidayah N. (2018). Analisis Strategi

Digital Marketing Dalam Membantu

Penjualan Living Space Dan Efo

Store. Fakultas Psikologi dan Ilmu

Sosial Budaya. Universitas Islam

Indonesia. Yogyakarta. Miles, M.B & Huberman A.M. 1984, Analisis Data Kualitatif. Terjemahan

oleh Tjetjep

Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta :

Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong , L.J. 2011. Metodologi

Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Kotler, P., & Gary Armstrong, 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi

2.Jilid 1. Terjemahan Bob Sebran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Phillip dan Kevin Lane

Keller.(2016). Manajemen Pemasaran

edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks

Diterbitkan

2024-07-22

Cara Mengutip

Aulia, R. D., & Prabayanti, H. R. (2024). inggris. The Commercium, 8(2), 163–172. https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.62823

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 40 , PDF Downloads: 130