POLA INTERAKSI SIMBOLIK ANTARA PENGGEMAR DAN BOYGROUP K-POP NCT DALAM APLIKASI LYSN

Penulis

  • Nadine Aulia Rahma Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Danu Winata Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i3.63226

Kata Kunci:

interaksi simbolik, boygroup NCT, aplikasi LYSN

Abstrak

Perkembangan budaya Korea, khususnya K-Pop yang masuk ke Indonesia mengalami kenaikan yang pesat beberapa tahun belakangan ini. Salah satu grup K-Pop yang populer di Indonesia adalah NCT yang merupakan salah satu boygroup di bawah naungan SM Entertainment. Perkembangan K-Pop yang beriringan dengan perkembangan teknologi menciptakan berbagai platform yang menunjang pengalaman interaksi antara penggemar dengan idolanya. Aplikasi LYSN merupakan salah satu platform dengan fungsi tersebut yang memungkinkan penggemar untuk dapat berinteraksi dengan idola mereka yang dibuat menyerupai aplikasi chatting pribadi sehingga penggemar akan merasakan pengalaman yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Objek dari penelitian ini adalah interaksi simbolik yang terjadi dalam aplikasi LYSN, dengan subjek penelitian yakni penggemar NCT (NCTzen) yang berlangganan LYSN selama 2 bulan atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan interaksi simbolik yang terjalin dalam aplikasi LYSN memberikan makna yang mendalam bagi penggemar yang berlangganan, makna tersebut membentuk berbagai interpretasi yang kemudian memengaruhi tindakan apa yang akan diambil.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-07-26

Cara Mengutip

Rahma, N. A., & Winata, M. D. (2024). POLA INTERAKSI SIMBOLIK ANTARA PENGGEMAR DAN BOYGROUP K-POP NCT DALAM APLIKASI LYSN. The Commercium, 8(3), 20–29. https://doi.org/10.26740/tc.v8i3.63226

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 220 , PDF Downloads: 326