MANAJEMEN KONVERGENSI MEDIA JAWA POS DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v8i3.63254Kata Kunci:
Manajemen, Konvergensi Media, Era Digital, MultiplatformAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen konvergensi media yang diterapkan oleh Jawa Pos di era digital dengan fokus penelitian pada kebijakan yang diambil oleh para Pemimpin Redaksi dari tiga business unit Jawa Pos meliputi: Jawa Pos Koran, JawaPos.com, dan JawaPos TV dalam operasional manajemen konvergensi media. Manajemen menjadi tolak ukur bagaimana Jawa Pos dapat mempertahankan diri di era digital saat ini, terutama dengan mengintegrasikan ketiga business unit agar dapat ber-multiplatform dengan sempurna. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme untuk meninjau suatu realita yang sedang terjadi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan narasumber, observasi dan dokumentasi. Dalam meninjau pelaksanaan manajemen konvergensi Jawa Pos, peneliti menggunakan teori manajemen George Robert Terry POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dan teori Niche oleh Dimmick dan Rothenbuhler. Dari hasil penelitian, ketiga Pemimpin Redaksi business unit Jawa Pos membuat kebijakan 3M (mutimedia, multiplatform, dan multichannel) dan kebijakan perubahan struktur organisasi dalam memanajemen konvergensi medianya untuk dapat mempertahankan eksistensinya di era digital. Kebijakan tersebut menghasilkan Jawa Pos semakin banyak dalam keberagaman program berita, sekaligus pemangkasan ongkos SDM.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

