STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN NUVANTARA TRAVEL SEBAGAI UPAYA PARIWISATA SEHAT DI MASA PANDEMI COVID 19

Penulis

  • Ayu Rezalina Rezalina Universitas Negeri Surabaya
  • Vinda Maya Setianingrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i3.63465

Kata Kunci:

Pariwisata sehat, komunikasi pemasaran, CHSE

Abstrak

Kasus pandemi covid-19 yang melanda dunia sejak pertengahan tahun 2020 memaksa industri pariwisata untuk beradaptasi dengan menerapkan konsep pariwisata sehat dengan harapan adaptasi tersebut dapat memulihkan kepercayaan masyarakat pada industri pariwisata. Penelitian ini  bertujuan untuk memahami strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Nuvantara sebagai penyedia jasa perjalanan yang menerapkan pariwisata sehat. Data dikumpulkan melalui metode wawancara dengan tim Nuvantara Analisis data dilakukan dalam empat tahap Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nuvantara menerapkan konsep pariwisata sehat dengan pendekatan CHSE (cleanliness, health, safety, dan environment) secara holistik. Strategi komunikasi pemasaran Nuvantara dilakukan dengan bantuan tiga saluran utama, yaitu Instagram sebagai kanal yang paling banyak  diakses  masyarakat,  Whatsapp  sebagai  saluran komunikasi dua arah, dan Notion sebagai sumber informasi spesifik yang bisa diakses. Selanjutnya, electronic word of mouth (EWOM) Nuvantara terjadi secara natural karena pengalaman positif yang dirasakan konsumen saat menggunakan jasa Nuvantara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-07-30

Cara Mengutip

Rezalina, A. R., & Setianingrum, V. M. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN NUVANTARA TRAVEL SEBAGAI UPAYA PARIWISATA SEHAT DI MASA PANDEMI COVID 19. The Commercium, 8(3), 162–173. https://doi.org/10.26740/tc.v8i3.63465

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 46