MANAJEMEN KOMUNIKASI PROGRAM KEGIATAN KOMUNITAS MUSIK TANAM KARYA DALAM MENYAMPAIKAN KRITIK SOSIAL

Penulis

  • Rachmad Febrianto Universitas Negeri Surabaya
  • Awang Dharmawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v8i3.63528

Kata Kunci:

Manajemen Komunikasi, Komunitas Musik, Kritik Sosial

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh fenomena musik underground di Indonesia yang, meski minoritas, berpengaruh
dalam menyuarakan kritik sosial melalui lirik dan gaya musik yang khas. Tujuan penelitian ini adalah
memahami bagaimana Tanam Karya menerapkan strategi manajemen komunikasi dalam menyuarakan kritik
sosial. Penelitian ini menggunakan teori manajemen komunikasi (POAC) sebagai kerangka konseptual,
dengan metode analisis kualitatif melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan kajian literatur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tanam Karya berhasil menerapkan strategi manajemen komunikasi
yang efektif. Pada tahap perencanaan, mereka memilih isu-isu sosial relevan seperti ketidakadilan dan
pencemaran lingkungan. Dalam pengorganisasian, mereka mengelola sumber daya dan membentuk struktur
organisasi yang terstruktur. Pada tahap pelaksanaan, Tanam Karya menggunakan media sosial dan kegiatan
publik untuk menyampaikan pesan kesadaran sosial dan keberagaman. Kontrol dan evaluasi sistematis
memastikan setiap acara dievaluasi untuk memperbaiki kelemahan dan meningkatkan efisiensi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Febrianto, R., & Dharmawan, A. (2024). MANAJEMEN KOMUNIKASI PROGRAM KEGIATAN KOMUNITAS MUSIK TANAM KARYA DALAM MENYAMPAIKAN KRITIK SOSIAL. The Commercium, 8(3), 198–205. https://doi.org/10.26740/tc.v8i3.63528

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 136