PENGARUH PRODUCT PLACEMENT DALAM DRAMA KOREA 'QUEEN OF TEARS' TERHADAP BRAND AWARENESS PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @WOWKDRAMA.ID

Penulis

  • Hafsah Nurfitria Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Fahmi Nurwahid Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66522

Kata Kunci:

Product Placement, Brand Awareness, Drama Korea

Abstrak

Industri periklanan saat ini telah bergeser ke platform digital dan strategi pemasaran
yang lebih fokus menjangkau audiens spesifik. Product placement menjadi salah satu strategi
yang berkembang, memanfaatkan tingkat paparan yang luas dan frekuensi yang tinggi melalui
konten hiburan. Penelitian ini menganalisis Pengaruh Product Placement Dalam Drama Korea
'Queen Of Tears' Terhadap Brand Awareness pengikut akun Instagram @wowkdrama.id.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei, mengumpulkan data
melalui kuesioner daring kepada 400 responden pengikut akun Instagram @wowkdrama.id
yang telah menonton drama 'Queen Of Tears'. Analisis data menggunakan uji validitas,
reliabilitas, normalitas, koefisien korelasi, regresi linear sederhana, dan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan adanya pengaruh signifikan secara statistik antara product placement dan brand
awareness. Hasil uji t menunjukkan nilai R square sebesar 0,755, yang berarti bahwa 75,5%
dari brand awareness telah di pengaruhi oleh product placement. Hal ini membuktikan bahwa
strategi product placement dalam drama Korea 'Queen Of Tears' efektif meningkatkan Brand
Awareness di kalangan pengikut akun Instagram @wowkdrama.id. Penelitian ini memberikan
informasi dan wawasan yang berharga bagi pemasar terkait strategi Product Placement di
platform media sosial, khususnya dalam konteks drama Korea dan target audiens yang
terhubung melalui akun Instagram.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alifah, H. (2024). Semewah apa sepatu & cincin 'Bukti cinta ' Kim So Hyun ke Kim Ji won di Queen of Tears? Intip Yuk! beautynesia.id.

Belch, G. E. (2018). Advertising and Promotion: AnIntegrated Marketing Communication Perspective 6. NewYork: McGraw-Hill Companies.

DeGuzman, K. (2024). What is Product Placement in Movies and TV — With Examples. studiobinder.com.

DePino, F. (2024). Target Audience for Luxury Brands – Engaging Elite Consumers. United State: mediaboom.com.

Durianto, D. S. (2004). Strategi menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

ENM, C. (2024). “Queen of Tears” is Now a Global Phenomenon. Gyeonggi: CJ Newroom.

Hafidha, S. I. (2024). 7 Potret Pamflet Nobar Queen of Tears di Berbagai Kota, Ajak Nangis Bareng. Indonesia: liputan6.com.

Gilang, S. M., & Darto, S. M. (2018). Analisis Data Statistik Menggunakan Spss. UM Jakarta Press.

Hardani, e. a. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Kotler, P. (2012). Kotler on Marketing. Simon and Schuster.

Mortazavi, S. M. (2023). Know everything about Product Placement: Definition and Best Practices. France: ecommerce-nation.com.

Putong, R. C. (2024). Drakor Queen of Tears Viral, Fans RI Nobar Episode Terakhir di Berbagai Kota. Indonesia: wolipop.detik.com.

Rembrand. (2023). Why Product Placement Is Better Than Traditional Advertising. rembrand.com.

Russell, C. A. (2002). Investigating The Effectiveness of Product Placement in Television Shows: The Role of Modality & Plot Connection Congruence on Brand Memory Attitude. Journal of Consumer Research.

shamimulislam. (2024). Most Expensive K-Drama detailed & genres romance. Washington: imdb.com.

Silviani, I. &. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing. Surabaya, Indonesia: Scopindo Media Pustaka.

Statista. (2024). Advertising - South Korea. statista.com.

Triwijayati, A. N. (2024). The Role of Brand Awareness as an Intervening Influence of Product Placement in the Drama" Today's Webtoon" on Interest in Buying Scarlett Whitening Products. Asian Journal of Applied Business and Management.

Diterbitkan

2025-03-18

Cara Mengutip

Nurfitria, H., & Aditya Fahmi Nurwahid. (2025). PENGARUH PRODUCT PLACEMENT DALAM DRAMA KOREA ’QUEEN OF TEARS’ TERHADAP BRAND AWARENESS PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @WOWKDRAMA.ID. The Commercium, 9(2), 70–82. https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66522
Abstract views: 86 , PDF Downloads: 57