INSPIRASI DISNEY ART STYLE PADA MASKOT SEBAGAI BRANDING TAMAN BACA WEPOSE SURABAYA

  • Nova Ikfina Rosyada Universitas Negeri Surabaya
  • Muh Ariffudin Islam Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Membaca merupakan bekal dalam mencari ilmu dan informasi melalui susunan kata yang tertulis. Minat baca anak wilayah Surabaya perlu ditingkatkan untuk memajukan masa depan bangsa, sehingga taman baca perlu dihadirkan demi menunjang tujuan tersebut. Salah satu komunitas mahasiswa mendirikan Taman Baca Wepose untuk menunjang kegiatan belajar membaca anak di Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan Taman Baca Wepose dalam meraih atensi yang lebih luas dari masyarakat Surabaya, sehingga tujuan penelitian ini untuk merancang branding dengan sentuhan maskot yang dapat menyentuh ikatan emosianal audiens agar mudah diingat. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Agar dapat lebih memahami positioning untuk branding Taman Baca Wepose maka diperlukan Metode Analisis SWOT sebagai langkah awal menyusun strategi. Selanjutnya menggunakan metode perancangan The Design Process oleh Amy E. Arntson yang meliputi enam langkah: research, thumbnails, roughs, comprehensives, presentation dan ready to press. Perancangan ini menghasilkan maskot yang sesuai dengan kebutuhan branding Taman Baca Wepose dengan visualisasi khas Disney Art Style. Visualisasi selanjutnya dapat diterapkan pada media promosi seperti Instagram feeds, banner, X-banner, poster, T-shirt, notebook, totebag, jam dinding, dan stiker. Kata Kunci: Taman Baca, Maskot, Disney Art Style, Branding
Published
2022-07-08
How to Cite
Rosyada, N., & Islam, M. (2022). INSPIRASI DISNEY ART STYLE PADA MASKOT SEBAGAI BRANDING TAMAN BACA WEPOSE SURABAYA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(3), 160-173. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48068
Section
Articles
Abstract Views: 407
PDF Downloads: 705